Kompas.com - 17/05/2021, 19:56 WIB

KOMPAS.com - Banyak dari kita mungkin telah mengetahui manfaat peregangan, seperti membantu meredakan ketegangan otot dan meningkatkan kelenturan.

Selain setelah berolahraga, waktu terbaik untuk peregangan adalah sebelum tidur di malam hari untuk melepas lelah dari kesibukan sehari-hari.

"Ada banyak alasan mengapa peregangan sebelum tidur bermanfaat bagi tubuh," kata ahli bedah tulang belakang dan ortopedi di New York City, Dr Gbolahan Okubadejo.

Menurut dia, peregangan sebelum tidur memungkinkan kita mengendurkan otot dan meredakan ketegangan yang mungkin menumpuk sepanjang hari.

Baca juga: Jangan Mager, Yuk Lakukan Peregangan Sambil Nonton Film

Di samping itu, melakukan peregangan sebelum tidur juga dapat membantu mencegah kram otot di malam hari dan memastikan bahwa kita tidak bangun dengan perasaan kaku atau pegal.

"Peregangan setiap malam membantu memastikan otot-otot tubuh tetap gesit dan fleksibel seiring bertambahnya usia," ungkapnya.

Nah, apabila kita ingin menambahkan peregangan sebelum tidur ke dalam rutinitas malam hari, Dr Okubadejo membagikan beberapa peregangan santai untuk dicoba sebagai berikut ini.

Baca juga: Latihan Yoga Bantu Tingkatkan Imun Tubuh dan Redakan Depresi

1. Child pose

Okubadejo mengatakan bahwa child pose bertujuan untuk meregangkan tubuh dari leher hingga punggung bawah.

Pose ini dapat meredakan ketegangan di dalam leher dan membantu memperpanjang tulang belakang.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber SheKnows
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.