Kompas.com - 07/06/2021, 12:24 WIB
Ilustrasi minum kopi. SHUTTERSTOCKIlustrasi minum kopi.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sebagai minuman yang banyak digemari, kopi ternyata sempat diklasifikasikan sebagai kemungkinan karsinogen (zat yang menyebabkan pertumbuhan sel kanker) oleh Badan Internasional untuk Penelitian Kanker di awal tahun 90-an.

“Namun, penelitian 25 tahun terakhir telah menghasilkan data lebih baik dan memperluas pemahaman kita tentang dampak kopi terhadap kesehatan,” kata Shahzadi Devje, RD, seorang pendidik diabetes bersertifikat di Toronto, Kanada.

Berdasarkan penelitian, sejauh ini tidak ada bukti konklusif yang mendukung keyakinan bahwa kopi itu buruk.

Namun, perlu kita ketahui bahwa untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari kopi pun kita tidak bisa sembarang meminumnya atau memberi tambahan di dalamnya.

"Jika kita minum kopi dengan tambahan gula atau produk krim tinggi lemak, tambahan tersebut dapat meniadakan manfaat kesehatan dari kopi," ungkap Ginger Hultin, RD, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics yang berbasis di Seattle.

Baca juga: Manfaat Minum Kopi, Tidak Hanya Penahan Kantuk

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melansir The Healthy, berikut ini adalah sejumlah manfaat kesehatan dari kopi:

1. Kopi biasa dan tanpa kafein mengandung antioksidan

“Kopi adalah salah satu sumber antioksidan pelindung sel yang paling banyak dan konsisten,” kata Dana Angelo White, RD, pelatih atletik bersertifikat di Fairfield, Connecticut.

Hal ini pun didukung oleh penelitian tahun 2014 yang mengatakan bahwa kopi adalah salah satu sumber utama antioksidan dalam diet Barat.

"Kopi adalah zat yang sangat kompleks, mengandung lebih dari 1.000 senyawa dengan kapasitas antioksidan tinggi," kata Nieves.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.