Kompas.com - 14/06/2021, 07:18 WIB
Para pemain Denmark saling menjaga saat paramedis merawat gelandang Christian Eriksen (tidak terlihat) dalam laga Grup B UEFA Euro 2020 antara Denmark dan Finlandia di Stadion Parken di Kopenhagen pada 12 Juni 2021. AFP/WOLFGANG RATTAYPara pemain Denmark saling menjaga saat paramedis merawat gelandang Christian Eriksen (tidak terlihat) dalam laga Grup B UEFA Euro 2020 antara Denmark dan Finlandia di Stadion Parken di Kopenhagen pada 12 Juni 2021.

KOMPAS.com - Kejadian yang menimpa bintang tim nasional Denmark, Christian Eriksen menjadi sorotan dalam dua hari terakhir. Eriksen kolaps pada pengujung babak pertama laga Denmark vs Finlandia, Sabtu (12/6/2021) malam.

Menurut dokter timnas Denmark, Eriksen mengalami cardiac arrest atau henti jantung pada laga pembuka Grup B Euro 2020 itu.

Banyak orang masih mengira henti jantung dan serangan jantung adalah kondisi yang sama. Padahal, keduanya merupakan kondisi yang berbeda.

Henti jantung ternyata bisa menjadi kondisi yang lebih berbahaya dari serangan jantung.

Menurut American Heart Association, henti jantung adalah kondisi ketika jantung tidak berfungsi secara tiba-tiba dan sering kali tanpa peringatan.

Kondisi ini dipicu oleh kerusakan listrik di jantung yang menyebabkan detak jantung tidak teratur (aritmia).

Akibat terganggunya proses pemompaan, jantung tidak dapat memompa darah ke seluruh tubuh. Dalam beberapa detik, seseorang yang mengalami henti jantung akan kehilangan kesadaran dan tidak memiliki denyut nadi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kematian dapat terjadi dalam beberapa menit jika korban tidak menerima penanganan segera.

Baca juga: Dokter Timnas Denmark Ungkap Christian Eriksen Alami Henti Jantung

Menurut kardiolog Nicholas Ruthman, MD kepada Cleveland Clinic, serangan jantung utamanya merupakan masalah pada saluran aliran darah, sementara henti jantung adalah masalah listrik atau irama jantung.

Namun, serangan jantung dapat menimbulkan masalah yang menyebabkan henti jantung mendadak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X