BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan XL

Tak Perlu ke Bali, Berikut Lima Alternatif Lokasi Bekerja Jarak Jauh yang Nyaman

Kompas.com - 15/06/2021, 16:07 WIB
Ilustrasi bekerja remote dari mana saja. Dok. Shutterstock/GaudiLabIlustrasi bekerja remote dari mana saja.

KOMPAS.com – Bekerja secara remote atau jarak jauh menjadi hal yang lumrah semenjak pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Pasalnya, demi mencegah penularan virus corona, pemerintah menyarankan perusahaan untuk memberlakukan kebijakan work from home (WFH).

Saat ini, semakin banyak perusahaan dan karyawan menyadari bahwa pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik serta tepat waktu meski tidak dikerjakan di kantor.

Tidak hanya di rumah, banyak orang juga melakukan remote working dari berbagai tempat. Tujuannya, untuk menghalau kejenuhan akan suasana rumah. Pasalnya, mereka bosan harus seharian di dalam rumah.

Baca juga: Catat, Ini Ide Aktivitas Seru di Rumah untuk Anggota Keluarga Saat Libur

Bahkan, beberapa waktu lalu pekerja remote disarankan untuk bekerja dari Bali sebagai “obat” untuk mengatasi kebosanan menjalani WFH oleh pemerintah. Program ini awalnya digaungkan untuk mengangkat pariwisata di Bali yang sedang terpuruk karena terdampak pandemi.

Suasana yang jauh dari bisingnya Ibu Kota dan dekat dengan alam dinilai mampu meningkatkan mood serta konsentrasi pekerja. Dengan demikian, diharapkan pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik.

Namun, bekerja dari Bali bukan tanpa halangan. Pekerja harus mengeluarkan uang ekstra untuk transportasi dan akomodasi selama berada di Bali. Hal ini membuat banyak orang berpikir dua kali untuk bekerja dari Bali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebetulnya, tak perlu jauh-jauh ke Bali untuk mendapatkan suasana kerja yang baru. Beberapa lokasi berikut juga dapat menjadi ide bagi Anda yang bosan bekerja dari rumah, tapi tak ingin harus mengeluarkan kocek terlalu banyak.

Baca juga: Tak Cuma PNS, Perusahaan BUMN dan Startup Juga Diminta Kerja dari Bali

Kafe

Tempat yang bersih serta sejuk membuat kafe jadi lokasi favorit untuk bekerja remote. Selain itu, kafe dengan interior yang unik membuat pengunjungnya betah berlama-lama di sana.

Namun, supaya lebih nyaman untuk bekerja, pilihlah kafe yang tidak terlalu ramai. Apabila ingin merasakan dekat dengan alam, pilih kafe yang memiliki desain asri dan punya ruang terbuka.

Pastikan juga Anda diizinkan untuk bekerja dan menggunakan sejumlah fasilitas yang dimiliki kafe, seperti colokan listrik.

Enaknya bekerja di kafe adalah Anda tak perlu bingung untuk urusan mengisi perut. Namun, saat pandemi seperti ini, Anda harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Pastikan kafe yang Anda kunjungi telah memenuhi standar protokol kesehatan.

Perpustakaan

Jika Anda termasuk orang yang membutuhkan ketenangan selama bekerja, perpustakaan adalah tempat yang tepat. Selain untuk membaca buku, perpustakaan juga bisa menjadi lokasi bekerja remote yang nyaman.

Baca juga: WFH dan Remote Working, Apa Bedanya?

Perpustakaan Nasional (Perpusnas), misalnya. Perpusnas yang berada di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, ini memiliki beberapa fasilitas ruangan yang bisa Anda manfaatkan.

Selain ruang baca dan ruang diskusi, Anda juga dapat menikmati pemandangan Kota Jakarta dari lantai 24 Perpusnas. Di tempat tersebut, terdapat rooftop untuk menyegarkan pikiran Anda dan sudah pasti instagrammable.

Agar bisa menikmati fasilitas yang disediakan, jangan lupa untuk mendaftar keanggotaan perpustakaan ya.

Co-working space

Beberapa tahun sebelum pandemi Covid-19 melanda, bisnis working space atau co-working space menjamur di kota-kota besar. Co-working space menjadi solusi bagi pekerja lepas atau perusahaan rintisan yang memilih untuk tidak memiliki kantor secara fisik.

Meski erat dengan remote working, bisnis ini turut merasakan dampak negatif begitu pandemi melanda.

Diberitakan Kompas.com, Selasa (28/7/2020), banyak operator ruang kerja memutuskan menutup operasinya selama pandemi. Menurut Director Research Consultancy Savills Indonesia Anton Sitorus, pandemi dapat mengubah pasar perkantoran, tetapi bukan akhir dari co-working space.

“Beberapa operator menawarkan diskon biaya bulanan hingga 40-60 persen untuk meja bersama dan 10-45 persen untuk ruang pribadi,” ujarnya.

Nah, potongan harga tersebut bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan suasana bekerja yang baru. Carilah co-working space yang memiliki fasilitas sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga: Sering Nyeri Jari Tangan saat WFH? Berikut Tips dari Dokter

Selain dapat fokus bekerja di co-working space, Anda juga bisa memperluas koneksi. Pasalnya, tidak menutup kemungkinan Anda bertemu dengan karyawan dari perusahaan lain yang dapat dijadikan relasi.

Hotel

Jika menginginkan tempat bekerja yang lebih santai, Anda bisa memesan kamar di hotel. Dengan bekerja dari hotel, Anda bisa sekaligus staycation. Hal ini bisa membuat Anda merasakan seolah sedang liburan.

Suasana kamar yang baru dengan pemandangan kota yang indah bisa mengembalikan semangat bekerja. Anda pun dapat menikmati fasilitas yang ada di hotel, seperti sarapan, kolam renang, gym, dan spa.

Perubahan suasana itu dapat membuat Anda menjadi lebih produktif. Namun, sebelum memesan, sebaiknya pastikan dahulu hotel yang dituju telah menerapkan protokol kesehatan sesuai sertifikasi Cleanliness, Health, Safety, dan Environment (CHSE).

Taman kota

Selain ruang tertutup, Anda juga bisa bekerja di ruang terbuka, seperti taman kota. Beberapa taman kota di Jakarta dapat menjadi pilihan untuk bekerja sembari menikmati udara sejuk. Taman Suropati, contohnya.

Baca juga: 7 Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Taman Suropati Jakarta

Di taman tersebut, terdapat pepohonan yang rindang dan bangku taman. Anda pun dapat fokus bekerja ditemani suara cuitan burung.

Selain bekerja, Anda juga dapat mengajak keluarga untuk piknik di taman kota. Jangan datang waktu akhir pekan karena akan ramai pengunjung. Pagi atau sore hari di hari kerja bisa menjadi waktu yang tepat.

Sebab, pada waktu-waktu tersebut, taman tidak terlalu panas dan ramai pengunjung. Anda pun dapat bekerja atau bagi yang mempunyai anak, bisa sekalian mengajak mereka. Dengan begini, Anda bisa bekerja dengan suasana baru sekaligus menyenangkan hati anak-anak.

Namun, jangan lupa untuk memastikan baterai laptop dan ponsel terisi penuh karena di taman kota kemungkinan tidak tersedia sumber listrik. Anda juga bisa menyiasatinya dengan membawa power bank berkapasitas besar.

Satu hal yang perlu diingat, di mana pun Anda memilih untuk bekerja, jaringan internet menjadi kebutuhan utama saat remote working. Walaupun beberapa lokasi di atas biasanya sudah menyediakan layanan Wi-Fi, Anda tidak dapat memastikan kecepatan dan keamanan jaringannya.

Baca juga: XL Satu Fiber, Layanan Internet Kabel dan Prabayar XL dalam Satu Paket

Apalagi, bagi Anda yang harus meeting virtual setiap hari. Koneksi internet yang mulus menjadi kuncinya. Anda bisa saja melewatkan informasi penting apabila meeting terpotong akibat koneksi buruk. Sementara, tethering dari koneksi internet ponsel akan membuat Anda boros kuota.

Maka dari itu, supaya dapat bekerja lebih nyaman dan hemat, Anda bisa menggunakan XL Satu Fiber. Pasalnya, XL Satu Fiber memastikan koneksi internet yang stabil untuk keluarga, baik di luar maupun di dalam rumah.

Dengan langganan XL Satu Fiber, Anda bisa mendapatkan internet rumah fiber dengan kecepatan hingga 1Gbps tanpa batas dan juga tambahan Kuota Bersama XL Prabayar hingga 300 GB yang bisa dibagi hingga lima anggota keluarga.

Cara aktivasinya juga mudah. Anda dapat mengaktifkan kuota Bersama XL Satu melalui aplikasi myXL. Kuota tersebut dapat digunakan secara bersamaan oleh nomor ponsel para anggota keluarga.

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini Bedanya XL Satu Fiber dengan XL Home

Tak hanya itu, XL Satu Fiber juga dilengkapi dengan hiburan kekinian di rumah. Netflix, Vidio, Catchplay Plus, AirConsole, dan Youtube dapat ditonton pada televisi dan dinikmati seluruh keluarga.

Untuk semua layanan tersebut, XL Satu Fiber mematok harga mulai dari Rp 274.000. Harga tersebut sudah termasuk biaya pemasangan dan sewa perangkat.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai XL Satu Fiber, klik tautan berikut.


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya