Kompas.com - 22/06/2021, 11:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Sebagian orang menganggap mimpi hanyalah bunga tidur sehingga tak perlu dipikirkan, namun banyak juga orang yang meyakini bahwa ada makna tertentu dari mimpi.

Kebanyakan mimpi bukanlah simbol dari apa pun yang terjadi dalam kehidupan nyata kita. Dan itu hal yang baik, mengingat berapa banyak dari kita bermimpi tentang seluruh gigi tanggal atau muncul telanjang ke kantor.

Tapi mimpi yang realistis pun masih bisa menjadi hal yang sangat aneh pula. Contohnya,  bermimpi hamil. Mimpi mengenai ini bisa menjadi masalah besar, entah kita berharap untuk hamil atau mencoba agar tidak hamil.

Masalahnya, mimpi hamil bukanlah tanda pasti bahwa kita hamil. Meskipun itu bukan hal yang mustahil pada pasangan.

Baca juga: 5 Cara Bantu Anak Atasi Mimpi Buruk

Nah, jika kita sering mengalami mimpi kehamilan semua terjadi karena suatu alasan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Sangat berharap untuk segera hamil

"Bagi sebagian orang, mimpi kehamilan terkait dengan fakta bahwa orang tersebut banyak berpikir tentang memiliki bayi," kata Rafael Pelayo, MD, profesor klinis psikiatri dan ilmu perilaku di Stanford Center for Sleep Sciences and Medicine.

Tentu idak mengejutkan jika seseorang sangat ingin hamil, keinginan tersebut bisa terjadi di alam mimpinya. Namun, hal ini bisa membuat kita merasa putus asa atau sedih jika tidak terjadi di dunia nyata.

Baca juga: Pentingnya Mengatur Jarak Kehamilan demi Kesehatan Ibu dan Anak

2. Takut hamil dalam waktu dekat

Skenario yang lebih membingungkan adalah ketika kita bermimpi bahwa kita mengandung seorang anak atau hasil dari tes kehamilan menunjukkan hasil positif, tetapi dalam keadaan 100 persen tidak siap untuk memikirkan bayi atau belum pernah punya anak.

Bisa juga kita takut hamil karena sudah memiliki anak dan tidak ingin menambah lagi. Dalam kasus ini, takut akan kehamilan atau kecemasan tentang hal itu akan berada di alam bawah sadar.

Jadi tidak heran jika kita dapat membayangkannya dalam tidur dan terasa lebih seperti mimpi buruk.

Baca juga: 9 Penyebab Keguguran di Awal Kehamilan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.