Kompas.com - 26/06/2021, 15:18 WIB
Ilustrasi memberi makan anak Shutterstock/Oksana KuzminaIlustrasi memberi makan anak

KOMPAS.com – Orangtua perlu memantau pertumbuhan anak usia dini melalui perubahan fisik, seperti tinggi dan berat badan.

Pasalnya, hal tersebut merupakan salah satu indikator untuk mengetahui tumbuh kembang anak secara optimal. Selain itu, langkah tersebut dilakukan agar si kecil tidak mengalami weight faltering.

Weight faltering adalah kondisi pertumbuhan anak yang tak optimal lantaran berat badan yang jauh dari kata ideal.

Oleh karena itu, melakukan kontrol secara rutin mengenai pertumbuhannya merupakan agenda yang tak boleh dilewatkan setiap orangtua.

Umumnya, bayi perlu ditimbang sebulan sekali sampai berusia enam bulan, dua bulan sekali saat berusia 6-12 bulan, dan tiga bulan sekali setelah usia satu tahun.

Baca juga: Idealnya Ini Pertambahan Berat Badan Bayi Setiap Bulan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika grafik pertumbuhan dan berat badannya masih dalam batasan normal, tentunya sahabat Generasi Bersih dan Sehat (GenBest) tak perlu khawatir karena si kecil berada dalam kondisi sehat.

Namun, bila berat badan anak menunjukkan grafik stagnan atau menurun, baiknya GenBest segera berkonsultasi dengan dokter anak.

Hal tersebut diperlukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan untuk mencegah sedini mungkin masalah tumbuh kembang, termasuk stunting.

Sebagai informasi, stunting merupakan masalah gizi kronis yang disebabkan kurangnya nutrisi dan asupan gizi. Akibatnya, anak jadi mengalami gangguan pertumbuhan, baik dari tinggi maupun berat badan.

Untuk mengatasinya, GenBest perlu mematuhi anjuran dokter, utamanya terkait kebutuhan nutrisi dan gizi melalui makanan pendamping ASI (MPASI). Dikhawatirkan, jika kekurangan gizi dalam jangka waktu lama, risiko stunting pada anak dapat meningkat.

Baca juga: Ini Makanan Tinggi Kalori dan Sehat untuk Si Kecil yang Kurus

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.