Kompas.com - 27/06/2021, 16:19 WIB
Model Winnie Harlow. SHUTTERSTOCK/ANDREA RAFFINModel Winnie Harlow.

KOMPAS.com - Vitiligo adalah kondisi kulit yang kehilangan warna aslinya. Biasanya, muncul bercak-bercak kulit yang terlihat lebih terang atau putih sepenuhnya pada kulit penderita vitiligo. Pada beberapa orang, bercak tersebut bisa muncul sekaligus.

Penderita vitiligo dapat kehilangan pigmennya di mana saja di tubuh, termasuk rambut (kulit kepala, alis, bulu mata, hingga janggut), mata, mulut, hingga alat kelamin.

Dr Arini Astasari Widodo, SpKK menjelaskan, tidak ada cara untuk memprediksi berapa banyak warna yang akan hilang dari kulit seseorang.

Kehilangan warna itu bisa tetap dan tidak berubah selama bertahun-tahun, namun pada beberapa orang bercak juga bisa membesar.

"Beberapa orang melihat bercak membesar dan bercak baru muncul. Pada beberapa kasus yang jarang, kulit bisa mendapatkan kembali warna yang hilang tanpa pengobatan," katanya, seperti diungkapkan dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Punya Penyakit Kulit Vitiligo, Wanita Ini Jadi Model Victoria’s Secret

Beberapa figur publik diketahui memiliki vitiligo, seperti presenter televisi Joe Rogan dengan vitiligo di area tangan, model Winnie Harlow dengan vitiligo di area wajah dan tubuh, hingga raja pop dunia Michael Jackson.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih jauh, Arini menjelaskan, hidup dengan vitiligo dapat menyebabkan gejala lain, seperti rendah diri dan depresi yang sulit dikalahkan.

Ini dapat terjadi terlepas dari jumlah kehilangan warna atau jenis vitiligo.

Apalagi jika vitiligo sudah diderita sejak usia anak-anak, anak lainnya mungkin akan menggoda atau menjauhi.

Kondisi ini juga dapat membuat orang lain cenderung menatap penderita.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.