BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan XL

Empat Jenis Aplikasi Ini Bikin Kegiatan di Rumah Semakin Menyenangkan

Kompas.com - 28/06/2021, 17:11 WIB
Banyak aplikasi dapat membantu agar kegiatan di rumah tidak membosankan. ShutterstockBanyak aplikasi dapat membantu agar kegiatan di rumah tidak membosankan.

KOMPAS.com – Sudah satu tahun lebih masyarakat terbelenggu oleh pandemi Covid-19. Pemerintah pun terus mendorong program vaksinasi untuk membentuk kekebalan komunitas. Tujuannya, untuk menekan angka penularan Covid-19 dan melindungi seluruh masyarakat Indonesia.

Namun, di tengah upaya pemerintah mendistribusikan vaksin, angka kasus positif Covid-19 terus berfluktuasi. Saat ini, kasus Covid-19 kembali mengalami kenaikan pesat. Diberitakan Kompas.com, Senin (21/6/2021), penambahan kasus harian Covid-19 di Jakarta mencetak angka 5.014 kasus.

Tak hanya di Jakarta, kota-kota lain di Indonesia juga mengalami hal serupa. Melansir covid19.go.id, jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia hingga Senin (21/6/2021) mencapai 2.004.445 kasus.

Dengan tingginya kasus Covid-19 di Indonesia, pemerintah kembali membatasi mobilitas masyarakat. Jika sebelumnya masyarakat sudah diperbolehkan beraktivitas di luar rumah dengan protokol kesehatan dan sejumlah pembatasan, kini disarankan untuk benar-benar menghindarinya.

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Zaskia Sungkar Imbau Masyarakat untuk di Rumah Saja

Walaupun terkesan membosankan, beraktivitas di dalam rumah menjadi pilihan yang paling tepat dan aman saat ini. Untuk menyiasati kebosanan, Anda sebaiknya menciptakan beragam kegiatan seru selain work from home.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anda bisa melakukan kegiatan seperti berolahraga, memasak, menonton film favorit, bahkan traveling secara virtual.

Nah, supaya tidak merasa bosan dalam melakukan hal-hal tersebut, Anda bisa mengunduh beberapa jenis aplikasi yang berkaitan dengan aktivitas selama di rumah.

Berikut rekomendasi jenis-jenis aplikasi yang bisa Anda unduh dari Play Store atau App Store untuk mendukung aktivitas Anda di rumah.

1. Aplikasi olahraga

Tubuh yang sehat menjadi hal penting dalam melawan berbagai penyakit. Maka dari itu, sudah seharusnya Anda menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat.

Salah satu cara untuk meningkatkan imunitas adalah dengan olahraga. Mengutip health.com, dalam Journal of Sport and Health Science yang dipublikasi pada 2019, ditemukan bahwa olahraga dapat meningkatkan respons kekebalan tubuh, menurunkan risiko penyakit, dan mengurangi peradangan.

Baca juga: Bosan Tak Ada Kegiatan di Rumah, Kini Kristanti Hasilkan Jutaan Rupiah dari Koran Bekas

Oleh karena itu, sejumlah ahli juga menyarankan untuk berolahraga minimal 30 menit sehari untuk mendapatkan tubuh yang bugar.

Olahraga bisa dilakukan di mana saja, bahkan di dalam rumah. Supaya lebih bersemangat, Anda bisa mengunduh berbagai aplikasi olahraga di smartphone.

Bagi Anda yang menyukai atau ingin mencoba yoga, aplikasi Daily Yoga-Yoga Fitness Plans bisa jadi pilihan. Aplikasi ini menyediakan berbagai kelas yoga dari pemula hingga profesional.

Anda juga dapat memilih berapa lama kelas yoga yang akan diikuti, yaitu mulai dari 5-70 menit. Aktivitas yoga akan lebih menyenangkan, karena Anda diiringi alunan musik selama kelas berlangsung.

Jika ingin olahraga yang lebih menantang, Anda bisa mengunduh 30 Day Fitness Challenge-Workout at Home. Melalui aplikasi ini, Anda ditantang untuk menyelesaikan seluruh modul workout dalam waktu 30 hari.

Baca juga: 7 Layanan Streaming Film Legal untuk Temani Waktu Libur Panjang

Tak perlu khawatir kewalahan karena Anda dapat memilih level workout sesuai dengan kemampuan, mulai dari pemula hingga tingkat ahli. Aplikasi ini juga menyediakan video tutorial yang mengajarkan gerakan-gerakan yang belum pernah Anda lakukan.

2. Aplikasi masakan

Selain olahraga, asupan makanan juga penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Di masa pandemi ini, Anda disarankan untuk memasak sendiri makanan daripada membeli. Sebab, makanan yang dimasak sendiri sudah pasti terjaga kebersihannya.

Bagi yang belum jago masak, Anda bisa menyontek resep dari aplikasi masakan, seperti Tastemade, Cookpad, dan Yummy. Ketiga aplikasi tersebut menyajikan video dan resep masakan dari berbagai daerah dan dunia.

Melalui Tastemade, Anda bisa mendapatkan video makanan beserta resepnya. Selain itu, Anda bisa menyaksikan tayangan perjalanan yang mengulas tentang makanan dalam aplikasi ini.

Pada Yummy, Anda bahkan bisa mendapatkan resep masakan dari para chef terkenal. Selain itu, Anda juga dapat berbagi resep dan kreasi masakan Anda di Yummy dan Cookpad.

Baca juga: 5 Drama Korea dengan Genre Berbeda yang Bikin Momen di Rumah Aja Enggak Membosankan

3. Aplikasi virtual traveling

Meski tidak dapat traveling secara langsung, berkat teknologi, kini Anda dapat menikmati traveling secara virtual. Melihat keindahan Indonesia melalui aplikasi Indonesia Virtual Tour bisa jadi alternatifnya.

Platform digital tersebut menampilkan kota, desa, kawasan, dan tempat wisata secara 360 virtual tour. Anda bisa menyaksikan keindahan Kota Jakarta, Bali, Semarang, Makassar, Bandung, Yogyakarta, Kendari, dan Kupang dalam aplikasi tersebut.

Bagi Anda yang rindu dengan Yogyakarta, aplikasi Jogja Istimewa mungkin dapat mengobatinya. Sebab, aplikasi ini berisi seluk-beluk Kota Pelajar, mulai dari wisata, kuliner, budaya, kerajinan, hingga pantauan CCTV.

4. Aplikasi streaming film

Setelah lelah dengan rutinitas seharian, Anda bisa menyegarkan pikiran dengan menonton. Tak hanya film, kini banyak serial drama yang dapat diikuti melalui layanan streaming.

Layanan streaming Netflix, salah satunya. Berbagai genre film terdapat pada layanan ini, mulai dari action, komedi, drama, hingga thriller.

Baca juga: Anies: Kita di Rumah Saja Sabtu-Minggu, Jangan Bepergian

Selain Netflix, Anda juga bisa menonton film dan drama secara streaming melalui Vidio. Melalui layanan ini, Anda juga dapat menonton channel televisi nasional dan internasional. Kedua layanan streaming tersebut bisa Anda unduh di smartphone.

Selain smartphone, kedua aplikasi tersebut juga dapat ditonton melalui televisi dengan berlangganan XL Satu Fiber.

XL Satu Fiber tidak hanya memberikan layanan internet rumah tanpa batas, tetapi menyediakan hiburan kekinian di rumah menggunakan entertainment box. Netflix, Vidio, Catchplay Plus, AirConsole, dan Youtube dapat ditonton pada televisi dan dinikmati seluruh keluarga.

Dengan adanya layanan XL Satu Fiber di rumah, Anda juga akan mendapatkan koneksi internet yang supermulus. Sebab, XL Satu Fiber menggunakan teknologi fiber optic dengan kecepatan hingga 1 Gbps.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan tambahan Kuota Bersama XL Prabayar hingga 300 GB yang bisa dibagi hingga lima anggota keluarga.

Baca juga: Bosan Kerja dari Rumah? Jangan Cemas, Ini Obat-nya...

Untuk semua layanan tersebut, XL Satu Fiber mematok harga mulai dari Rp 274.000. Harga tersebut sudah termasuk biaya pemasangan dan sewa perangkat.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai XL Satu Fiber, klik tautan berikut.

 


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.