Kompas.com - 02/07/2021, 13:33 WIB

KOMPAS.com - Banyak dari kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan karakter Popeye. Ya, si pelaut yang suka makan sayur bayam untuk memperbesar ototnya.

Kisah Popeye dan kekuatannya ini tentu membuat kita bertanya-tanya, apakah benar dengan makan sayur bayam, bisa membuat otot menjadi lebih besar dan kuat?

Ketua Departemen Ilmu Gizi di Oklahoma University, Norman Hord pun mencoba menjawabnya.

Baca juga: Resep Tumis Bayam Jamur, Masak Cepat untuk Makan Malam

Menurut dia, satu hal yang dapat mendukung koneksi antara makan bayam dan kekuatan otot adalah karena bayam mengandung banyak nitrat yang dapat meningkatkan daya tahan otot.

Nitrat ini dengan cepat habis selama latihan atau aktivitas fisik dan mengisinya kembali meningkatkan produksi kekuatan dalam melatih otot rangka.

"Penelitian lebih lanjut sedang dilakukan sekarang untuk menentukan apakah peningkatan nitrat dalam otot diterjemahkan untuk meningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan kinerja atletik," tambahnya.

Sementara itu, ahli kebugaran dan olahraga, Timothy Ferriss merekomendasikan diet rendah karbohidrat dengan telur, daging, ikan, lentil, dan bayam sebagai cara tercepat untuk menurunkan berat badan serta kebugaran secara keseluruhan.

Hal ini juga sesuai dengan pengamatan Hord bahwa bayam mengandung banyak vitamin K, yang membantu menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit kardiovaskular.

Di samping itu, bayam merupakan sumber vitamin C yang baik dan tidak mengandung kolesterol atau lemak.

Harold McGee, seorang dekan ilmu kuliner, berpendapat bahwa ada sumber mineral di dalam bayam yang menjadi pembangun kekuatan yang lebih baik.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.