Kompas.com - 06/07/2021, 14:12 WIB
Ilustrasi diet atau menurunkan berat badan. FREEPIK/JCOMPIlustrasi diet atau menurunkan berat badan.

KOMPAS.com - Memerhatikan asupan makanan menjadi salah satu kunci sukses diet.

Ada banyak sekali aplikasi yang dapat membantu kita mencatat asupan kalori. Tujuannya, agar kita tahu jumlah kalori makanan yang kita asup termasuk kandungan gizinya.

Agar target diet tercapai, pastikan asupan kalori harian tak melebihi jumlah kalori yang dibakar. Selain itu, pastikan pula makanan yang kita konsumsi tak hanya rendah kalori, tetapi juga padat nutrisi.

Melansir berbagai sumber, berikut sejumlah pilihan makanan rendah kalori yang mengenyangkan dan cocok bagi orang-orang yang sedang mengejar target diet:

1. Telur

Tak hanya praktis dan mudah didapat, telur juga padat nutrisi.

Menurut Fatsecret, kalori sebutir telur adalah sekitar 74 kalori, dengan lemak 4,97 gram, karbohidrat 0,38 gram, dan protein 6,29 gram.

Menurut sebuah penelitian dari Nutrition Research, makan telur saat sarapan bisa membuat kita lebih kenyang dan pada akhirnya mengurangi keinginan mengasup kalori terlalu banyak di waktu makan berikutnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain kandungan gizi makro yang telah disebutkan, telur juga kaya akan asam amino, antioksidan, dan lemak sehat yang baik untuk kesehatan kita secara keseluruhan.

Baca juga: Bantu Turunkan Berat Badan, Segini Kalori dalam Sebutir Telur Rebus

2. Apel

Semua buah baik. Tapi, beberapa buah bisa memberikan efek mengenyangkan yang lebih besar sehingga membuat kita secara tidak langsung mengurangi asupan makan.

Salah satunya adalah apel. Tak hanya menyehatkan, apel juga rendah kalori dan baik bagi kesehatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.