Kompas.com - 25/07/2021, 18:29 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Belakangan ini, kita mungkin mengganti sabun biasa dengan sabun antibakteri yang dipercaya dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap kuman.

Namun, kita mungkin akan terkejut mengetahui bahwa sabun jenis ini tidak benar-benar memberikan perlindungan tambahan terhadap kuman.

Lebih buruk lagi, beberapa bahan dalam sabun antibakteri sebenarnya bisa merugikan untuk jenis kulit tertentu.

Pada tahun 2016, Food and Drug Administration (FDA) di AS mengeluarkan aturan mengenai penjualan sabun yang mengandung bahan kimia antibakteri tertentu.

Karena beberapa produsen gagal membuktikan bahwa bahan dalam sabun ini aman digunakan dalam jangka panjang atau lebih efektif daripada sabun dan air, produk yang mengandung bahan aktif tertentu tidak dapat lagi dipasarkan.

Tindakan FDA ini menyoroti 19 bahan kimia yang digunakan dalam sekitar 40 persen sabun, termasuk sabun tangan cair dan sabun batangan antibakteri.

Yang paling umum dari bahan kimia ini adalah triclosan, yang sebagian besar digunakan dalam sabun cair, dan triclocarban, bahan dalam sabun batangan.

Aturan ini tidak memengaruhi pembersih tangan konsumen, tisu, atau produk antibakteri yang digunakan di fasilitas perawatan kesehatan.

Menurut FDA, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa paparan jangka panjang bahan kimia ini dapat menimbulkan risiko kesehatan, seperti resistensi bakteri atau efek hormonal. Dan pada 2019, FDA masih mempertahankan sikap ini.

"Mencuci dengan sabun biasa dan air mengalir tetap menjadi salah satu langkah terpenting yang dapat kita ambil untuk menghindari penyakit dan mencegah penyebaran kuman ke orang lain," kata Daniel Allan, MD, dokter staf di Departemen Kedokteran Keluarga, Klinik Cleveland.

Baca juga: Sabun Antibakteri Tidak Lebih Baik dari Sabun Biasa? Ini Alasannya

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.