Kompas.com - 29/07/2021, 18:13 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19 Dok. ShutterstockIlustrasi vaksin Covid-19

KOMPAS.com - Vaksin Covid-19 untuk saat ini hanya bisa kita dapatkan dalam bentuk suntikan dan harus dilakukan oleh tenaga kesehatan.

Selain itu, vaksin tersebut membutuhkan perlakuan khusus untuk menjaga kualitas dan kemanjurannya, antara lain harus disimpan di botol kaca kecil dengan suhu tertentu. Hal ini menjadi tantangan bagi negara kepulauan atau daerah dengan infrastruktur yang rendah.

Untuk memperluas jangkauan vaksin, para ilmuwan berusaha menguji apakah vaksin Covid-19 bisa diubah dalam bentuk inhaler atau bahkan pil.

Riset tersebut dipimpin oleh ahli kimia dari Swedia, Ingemo Andersson di laboratorium Medicon Village. Kepada BBC, ia menunjukkan inhaler plastik tipis, setengah ukuran kotak korek api.

Andersson berharap produk kecil ini dapat berperan besar dalam perang global melawan virus corona yang memungkinkan orang untuk menggunakannya dalam versi bubuk vaksin di rumah.

Baca juga: Cerita Kakek Syafarudin Ingin Dapat Vaksin, Kayuh Sepeda Pinjaman Puluhan Km, Viral Setelah Direkam Satgas IDI

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Mudah dan sangat murah untuk diproduksi," kata Johan Waborg, CEO perusahaan yang biasanya membuat inhaler untuk pasien asma.

"Kita cukup membuka sedikit plastiknya, kemudian inhaler vaksin tersebut diaktifkan, lalu memasukkannya ke dalam mulut, ambil napas dalam-dalam dan hirup," katanya. 

Perusahaannya, Iconovo, bekerja sama dengan start-up penelitian imunologi di Stockholm, ISR, yang telah mengembangkan vaksin bubuk kering untuk melawan Covid-19.

Berbeda dari vaksin yang saat ini telah menyebar, yang dibuat menggunakan RNA atau DNA yang mengkode protein, vaksin bubuk ini dibuat menggunakan protein virus Covid-19 yang diproduksi dan dapat menahan suhu hingga 40 derajat celcius.

Ini sangat kontras dengan kondisi yang diperlukan untuk menyimpan vaksin virus corona yang ada  saat ini yang semuanya dalam bentuk cair.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.