Kompas.com - 03/08/2021, 12:18 WIB
Ilustrasi kulkas, lemari es. SHUTTERSTOCK/MAYA KRUCHANKOVAIlustrasi kulkas, lemari es.

KOMPAS.com - Membersihkan rumah memang bukan pekerjaan yang menyenangkan. Apalagi membersihkan area dapur yang penuh dengan kotoran sisa-sisa makanan atau bekas memasak.

Ketika bersih-bersih dapur, kita sering kali melewatkan kulkas. Mungkin kita merasa selalu memperlakukan kulkas dengan baik dan tidak menyimpan terlalu banyak bahan makanan, sehingga menganggap kulkas itu selalu bersih.

Padahal, menjaga kebersihan kulkas juga akan membuat usia pakainya lebih panjang sehingga kita tak perlu membeli kulkas baru dalam waktu pendek.

Melansir Express, membersihkan kulkas secara keseluruhan idealnya dilakukan setidaknya empat kali dalam setahun. Menyimpan bahan makanan dalam jumlah yang sesedikit mungkin juga bisa membantu menjaga kulkas tetap bersih.

Untuk menjaga kulkas jauh dari bakteri, kita perlu membersihkannya dengan air dan sabun setiap malam.

Tapi, kulkas juga perlu dibersihkan secara menyeluruh. Praktisi bersih-bersih dari HomeHow.co.uk, Joyce French membagikan cara membersihkan kulkas dan langkah yang perlu kita lakukan:

1. Mengosongkan kulkas

Keluarkan semua bahan makanan dan minuman yang disimpan di dalam kulkas, termasuk di pintu kulkas. Taruh bahan-bahan tersebut di area yang telah disiapkan, misalnya meja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sortir bahan-bahan tersebut dan cek apakah ada yang sudah kedaluwarsa atau sudah tak diinginkan.

"Makanan apa pun yang berbau busuk dan stoples yang sudah lama disimpan di kulkas, seperti stoples selai, sebaiknya dibuang," kata Joyce.

Bakteri dapat berkembang biak pada suhu kamar. Jadi, masukkan bbahan-bahan makanan yang mudah rusak ke dalam tas pendingin ketika kita membersihkan kulkas.

Baca juga: 4 Cara Mengetahui Telur Sudah Busuk

Halaman:


Sumber Express
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.