Kompas.com - 03/08/2021, 14:34 WIB
Ilustrasi berbaring di sofa. SHUTTERSTOCK/Pond SaksitIlustrasi berbaring di sofa.

KOMPAS.com - Sebagian orang percaya takhayul mengenai tidur dalam posisi atau arah tertentu yang dapat membantu menjauhkan kita dari gangguan roh jahat. Atau pun pengaruh posisi tidur pada terjadinya mimpi buruk.

Setiap budaya memiliki pemahaman tentang hal ini. Misalnya, dengan mengikuti fengshui akan memberi tahu kita bahwa menempatkan tempat tidur menghadap ke arah tertentu akan mendapatkan hasil terbaik.

Lalu, di India, praktik kuno Vastu menyarankan kita tidur di arah Selatan dan Timur.

Posisi tidur ternyata tidak hanya memengaruhi kualitas tidur di malam hari, tetapi juga dapat memiliki hubungan aneh dengan mimpi yang mungkin kita alami.

Misalnya, jika kita tidur dengan tangan di dada, kemungkinan besar akan berguling-guling sepanjang malam sampai kita tiba-tiba terbangun dari mimpi yang mengerikan. Pengalaman ini ternyata cukup banyak dialami.

Baca juga: Posisi Tidur Mencerminkan Kepribadian, yang Manakah Posisi Tidurmu?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

 

Tidur dengan tangan di dada: Kemungkinan alasan di balik mimpi buruk kita

Teori tertentu tentang tidur dengan tangan di dada menunjukkan hal itu dapat menyebabkan beberapa tingkat stres pada tubuh.

Pahamilah bahwa ketika kita tidur, sebagian besar bagian tubuh kita dalam keadaan rileks. Bahkan sedikit pemicu dapat mengganggu dan meningkatkan detak jantung kita.

Nah, tubuh akan mencoba menyesuaikan diri dengan beban tambahan jika kita tidur dengan telapak tangan di dada.

Kemudian, otak dengan cepat menafsirkan stimulus dan cenderung menyebabkan ketidakseimbangan emosional, dalam bentuk mimpi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Asia One
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.