Kompas.com - 09/08/2021, 16:40 WIB
Ilustrasi melamar pekerjaan. FREEPIK/IJEABIlustrasi melamar pekerjaan.

KOMPAS.com - Wawancara kerja bisa sangat mirip dengan kencan pertama karena keduanya butuh kesan pertama yang baik dan juga melibatkan unsur kecocokan.

Maka dari itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat wawancara kerja, kita harus menyiapkannya dengan baik, sama seperti saat kita melakukan kencan pertama.

Dilansir dari laman Her World, pendiri firma rekrutmen, Ansa Search pun berbagi tiga alasan mengapa kita harus memperlakukan wawancara kerja sama seperti bertemu calon pasangan romantis sebagai berikut:

Baca juga: Tips Berpakaian Saat Wawancara Kerja Virtual

1. Hubungan dua arah

Seperti pada kencan pertama, penting bagi kedua belah pihak untuk berusaha sebaik mungkin membentuk daya tarik timbal balik selama wawancara kerja.

Tanggung jawab juga jatuh pada pewawancara untuk memastikan bahwa peran dan lingkungan menarik bagi pencari kerja.

Ini adalah hubungan dua arah. Jadi, jika pewawancara tidak menghargai atau meremehkan waktu kita, kita juga yakin ini adalah bagaimana pemberi kerja akan memperlakukan kita.

Baca juga: 7 Tips Melamar Kerja di BUMN, dari Membuat CV hingga Wawancara Kerja

2. Adanya keputusasaan

Keputusasaan bisa menjadi penghalang besar bagi kita untuk mendekati pemberi kerja, begitu pula dengan pasangan romantis saat kencan pertama.

Sama seperti hubungan romantis, pemberi kerja juga akan mencari kecocokan pada kita. Akan tetapi, ini bisa sulit dicapai jika kita ternyata melamar setiap lowongan yang tersedia dan tidak fokus pada salah satunya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.