Kompas.com - 10/08/2021, 17:32 WIB

KOMPAS.com - Bayi terkecil di dunia bernama Kwek Yu Xuan akhirnya bisa dipulangkan setelah selama 13 bulan menjalani perawatan intensif di sebuah rumah sakit di Singapura.

Dia dilahirkan saat usia kandungan ibunya di bawah 25 minggu — jauh dari rata-rata yakni 40 minggu — dengan berat hanya 212 gram, dan panjang 24 centimeter. 

Jika dibandingkan, bobot bayi ini hanya setara dengan berat sebutir buah apel.

Menurut pendaftaran bayi terkecil di Universitas Iowa, pemegang rekor sebelumnya adalah seorang gadis di Amerika Serikat (AS) yang memiliki berat 245 gram saat lahir pada tahun 2018.

Baca juga: Pria dengan Cerebral Palsy Cetak Rekor Dunia Dead Hang Terlama

Diketahui, ibu Yu Xuan melahirkan dengan operasi caesar darurat empat bulan lebih awal.

Perempuan itu didiagnosis mengalami pre-eklampsia atau tekanan darah tinggi yang dapat merusak organ vital dan berakibat fatal bagi ibu maupun bayinya.

Awalnya, National University Hospital (NUH) Singapura tempat dia dilahirkan mengatakan bahwa bayi perempuan itu berpeluang rendah untuk hidup.

Namun kenyataan berkata lain, Yu Xuan sekarang memiliki berat yang jauh lebih sehat yakni 6,3 kilogram.

Yu Xuan bersama ayah dan ibunya setelah menjalani perawatan intensif selama 13 bulan. DOKUMENTASI KELUARGA KWEK Yu Xuan bersama ayah dan ibunya setelah menjalani perawatan intensif selama 13 bulan.

"Melawan kemungkinan dengan komplikasi kesehatan yang hadir saat lahir, dia telah menginspirasi orang-orang di sekitarnya dengan pertumbuhannya."

"Hal ini menjadikannya bayi 'Covid-19' yang luar biasa dengan secercah harapan di tengah gejolak," ungkap pihak rumah sakit dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Kaki Kiri Diamputasi, Wanita ini Cetak Rekor Dunia Static Wall Sit

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Sumber BBC


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.