Kompas.com - 17/08/2021, 18:32 WIB
Celana jins ShutterstockCelana jins
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Mengenakan satu set pakaian dan celana sepertinya sudah menjadi suatu kebutuhan setiap harinya.

Tapi, tahukah bahwa ada beberapa fungsi rahasia dari apa yang kita kenakan, baik pakaian maupun celana, yang mungkin belum pernah kita ketahui?

Nah, berikut adalah beberapa hal dari pakaian atau celana sehari-hari yang mungkin belum kita ketahui sejarah dan manfaatnya, seperti dilansir dari laman Reader's Digest berikut ini.

1. Saku kecil di celana jins

Ilustrasi celana jeans dengan kantong kecil untuk jam sakushutterstock Ilustrasi celana jeans dengan kantong kecil untuk jam saku
Celana jins generasi pertama sebenarnya hanya memiliki empat saku yakni satu di belakang, dua di depan, dan satu saku kecil di depan.

"Ketika orang pertama kali mulai memakai celana jeans, saku kecil dibuat untuk menyimpan jam saku karena waktu itu jam tangan belum populer," tulis blog Levi Strauss.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan berkembangnya zaman, sekarang kita terbiasa memakai jam tangan dan melihat jam lewat smartphone, sehingga sebenarnya kita sudah tidak membutuhkan saku kecil itu.

Baca juga: Mengapa Selalu Ada Saku Kecil di Celana Jins?

2. Loop di belakang kemeja

Loop kemejashutterstock Loop kemeja
Kemeja yang sering dikenakan oleh para pria pasti memiliki loop atau lingkaran kecil di belakang kemeja, tepat di bawah kerah. Lalu, apakah kegunaan dari loop itu?

Pada 1960-an, merek pakaian pria, GANT, menyebutnya "loop loker". Sebagai bagian dari budaya perguruan tinggi Ivy League, siswa menggunakan loop untuk menggantung kemeja mereka di loker dan menjaganya agar tidak kusut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.