Kompas.com - 20/08/2021, 11:21 WIB
Ilustrasi pasangan. SHUTTERSTOCKIlustrasi pasangan.

KOMPAS.com – Tak sedikit orang yang memiliki ikatan erat dengan seseorang, persis seperti rasa cinta, tetapi tanpa ada keinginan untuk saling memiliki dan bebas dari nafsu seksual. Hubungan semacam ini sering disebut hubungan yang platonik.

Konsep ini berasal dari ide-ide filsuf kuno Plato, yang dari namanya istilah itu berasal. Plato percaya jenis cinta ini dapat membawa orang lebih dekat ke cita-cita ilahi, penggunaan istilah modern difokuskan pada ide persahabatan.

Kebalikan dari hubungan platonik adalah hubungan seksual atau romantis. Meskipun istilah ini kadang-kadang dianggap hanya berlaku untuk teman lawan jenis, itu juga bisa berlaku untuk persahabatan sesama jenis.

Baca juga: 7 Tanda Kita Berada pada Hubungan Benci tapi Cinta

Tanda hubungan kita adalah platonik

Ada sejumlah karakteristik yang membedakan hubungan platonik dari beberapa jenis hubungan lainnya. Selain kurangnya aspek seksual, jenis hubungan ini juga cenderung ditandai dengan:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Kedekatan: Kedua orang dalam hubungan merasakan kedekatan satu sama lain dan merasa bahwa mereka memiliki kesamaan.
  • Kejujuran: Kedua individu merasa bahwa mereka dapat berbagi apa yang benar-benar mereka pikirkan dan rasakan dengan orang lain.
  • Penerimaan: Hubungan ini cenderung terasa mudah dan nyaman. Kedua orang tersebut merasa bahwa mereka aman dan bebas untuk menjadi diri mereka sendiri.
  • Pemahaman: Memiliki koneksi, tetapi mereka juga mengakui dan menghormati ruang pribadi satu sama lain. Mereka tidak mencoba memaksa orang lain untuk melakukan hal-hal yang tidak ingin mereka lakukan atau menjadi sesuatu yang tidak mereka inginkan.

Jenis hubungan ini sering kali merupakan hubungan persahabatan.

Baca juga: 5 Pertanyaan yang Perlu Dijawab Sebelum Pacaran dengan Sahabat

Meskipun kurangnya hubungan seksual adalah ciri khas jenis hubungan ini, itu tidak berarti bahwa individu-individu dalam hubungan tersebut tidak tertarik satu sama lain atau tidak dapat mulai merasa tertarik satu sama lain.

Jenis hubungan platonik

Beberapa istilah baru telah muncul untuk menggambarkan beberapa jenis hubungan platonik yang berbeda, seperti :

  • Bromance: Ini adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan hubungan non-seksual yang dekat, penuh kasih sayang antara dua pria.
  • Womance: Istilah ini digunakan untuk menggambarkan ikatan emosional, non-seksual, non-romantis antara dua wanita.
  • Pasangan kerja: Frasa ini terkadang digunakan untuk menggambarkan hubungan dekat tetapi non-seksual antara rekan kerja atau rekan kerja yang melibatkan ikatan, dan terkadang bahkan peran yang mirip dengan pernikahan.

Ilustrasi pasangan makan sehat untuk penuhi nutrisi Ilustrasi pasangan makan sehat untuk penuhi nutrisi

Halaman:


Sumber Verywell
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.