Kompas.com - 24/08/2021, 13:17 WIB

KOMPAS.com – Kemampuan sensorik bayi seperti pendengaran, penglihatan, penciuman, rasa, dan sentuhan, berkembang beberapa minggu sebelum kelahirannya. Itu berarti janin juga mendengar suara dan mampu "melihat". 

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa ketika bayi mulai mendengar di dalam rahim, dia juga mengingat apa yang dia dengar, menunjukkan bahwa ia belajar dari apa yang didengar.

Kapan bayi dapat mendengar dari dalam rahim?

Struktur telinga bagian dalam mulai berkembang sekitar 10 minggu setelah kehamilan, tetapi kemampuan untuk mendengar tidak terjadi sampai semua struktur pada dasarnya terhubung ke otak.

Beberapa peneliti menyebut bahwa sebagian janin dapat mengembangkan kemampuan mendengar, yang diukur dengan reaksi terhadap getaran sonik, sejak usia 14 minggu.

Baca juga: Vaksin Covid-19 pada Ibu Hamil Juga Melindungi Janin

Namun, salah satu penelitian yang paling banyak dikutip tentang pendengaran janin, yang diterbitkan pada tahun 1994 oleh para peneliti di Queen's University of Belfast, menemukan bahwa bayi mulai mendengar di dalam rahim sekitar usia kehamilan 19 minggu.

Secara khusus, bayi dalam kandungan menunjukkan respon terhadap suara dalam rentang 500 Hz, yang mendekati batas bawah dari apa yang dapat didengar orang dewasa.

Ketika struktur telinga berkembang, jangkauan akustik meningkat dan pada usia kehamilan 33 minggu, bayi menunjukkan respon terhadap frekuensi antara 250 dan 3000 Hz.

Kapan janin memiliki fungsi kognitif?

Mendengar tidak sama dengan mendengarkan. Mendengar bersifat pasif, sedangkan mendengarkan bersifat aktif dan terlibat.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Fatherly
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.