Kompas.com - 29/08/2021, 19:26 WIB
Ilustrasi ekonomi kreatif freepik.com/pch.vectorIlustrasi ekonomi kreatif

KOMPAS.com - Saat ini, Non-Fungible Token atau NFT menjadi begitu populer di dunia teknologi untuk menghindari plagiasi karya digital maupun karya virtual lainnya.

Ada pun penjualan karya dalam bentuk NFT akan tercatat dalam blockchain sebagai "buku besar" yang mirip dengan jaringan (network) yang mendukung Ethereum, Bitcoin, dan mata uang kripto lainnya.

Nah, untuk memperkenalkan NFT, khususnya dalam lingkup industri kreatif di Jakarta, Komite Ekraf Jakarta (KE JKT) pun menggelar Jakarta Metaverse NFT Gallery (JMNG).

Baca juga: Jakarta Metaverse, Wadah Kolaborasi Industri Kreatif di Masa Pandemi

JMNG merupakan sebuah etalase virtual karya digital para pelaku ekonomi kreatif Jakarta yang diabadikan dengan teknologi Blockchain dalam format NFT, sehingga bisa diperjual-belikan oleh masyarakat.

Perwakilan Jakarta Metaverse sekaligus kurator pameran pertama dari JMNG, Sunny Gho menyampaikan besarnya potensi kolaborasi yang mungkin terjadi dengan adanya NFT Gallery ini.

"NFT adalah sebuah implementasi teknologi Blockchain yang sangat serbaguna, terutama di bidang industri kreatif," kata dia dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

"Kami melihat potensi terjadinya kolaborasi yang sangat tinggi lewat NFT untuk mendorong pergerakan ekraf, khususnya di Jakarta," lanjut dia.

Baca juga: Bentuk Kegiatan Ekonomi Kreatif

Selain itu, menurut Sunny, para pelaku ekraf di Jakarta juga sangat antusias terhadap fenomena baru NFT ini.

Mereka umumnya menyambut dengan baik ajakan untuk melakukan pameran.

Rencananya, pameran pertama JMNG menampilkan karya dari nama-nama besar seperti sutradara Wregas Bhanuteja dengan film pendeknya "Tak Ada yang Gila di Kota Ini".

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.