Kompas.com - 31/08/2021, 12:36 WIB
Ilustrasi membentuk alis. ThinkstockIlustrasi membentuk alis.

KOMPAS.com - Bentuk alis mata yang tepat bisa membuat wajah terlihat lebih simetris dan menarik. Untuk bisa membentuk alis, idealnya rambut-rambut alis tumbuh penuh dan rata. Sayangnya, makin lama alis bisa menipis.

Ternyata tidak peduli seberapa tebal atau tipisnya bentuk alis atau seberapa berdedikasi kita merawatnya, semua alis dapat menipis seiring waktu. 

Sama halnya seperti garis halus dan kerutan, kita tidak dapat menghentikan proses yang sangat normal ini, tetapi ada beberapa cara untuk memperlambatnya agar alis kita terlihat lebih tebal.

Penyebab alis menipis

1. Penuaan kulit

“Seiring bertambahnya usia, sangat normal rambut kita, termasuk alis dan bulu mata, menjadi tipis,” kata Audrianna Mora, Manajer Pendidikan Global RevitaLash Cosmetics.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seiring waktu, kulit kehilangan elastisitasnya, menyebabkan folikel rambut menjadi rapuh dan rontok. Beberapa dari folikel ini berhenti memproduksi rambut sama sekali, yaitu ketika alis mulai terlihat menipis dan tampak tidak merata.

Lengkungan yang menipis juga bisa menjadi efek samping dari kondisi kulit yang gatal seperti psoriasis dan eksim, yang secara tidak langsung dapat menyebabkan kerontokan rambut akibat terlalu sering digaruk.

Baca juga: Mau Sulam Alis? Kenali Dulu Kondisi yang Jadi Pantangannya

2. Perubahan hormon

Perubahan hormon selama menopause juga dapat menyebabkan kerontokan rambut dan penipisan alis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.