Kompas.com - 31/08/2021, 12:48 WIB
Beyonce dan Jay-Z dalam kampanye Tiffany & Co Mason PooleBeyonce dan Jay-Z dalam kampanye Tiffany & Co

KOMPAS.com - Belum lama ini, mata dunia dibuat terpukau dengan penampilan Beyonce dalam iklan terbaru brand perhiasaan ternama, Tiffany & Co.

Istri rapper Jay Z ini mengenakan Fancy Yellow, berlian berwarna kuning ratusan karat yang disebut sebagai salah satu yang terbesar di dunia. Ia menjadi wanita kulit hitam pertama yang mendapatkan kehormatan mengenakan perhiasan berharga itu.

Namun tindakan itu rupanya membuat Beyonce menjadi sasaran kritik berbagai pihak.

Ia dianggap berperilaku tidak pantas mengingat status batu permata itu sebagai blood diamond atau berlian berdarah dengan sejarah yang kelam.

Fancy Yellow sendiri ditemukan di tambang kolonial di Kimberley, Afrika Selatan, pada tahun 1877. Kala itu, negara ini masih berada di bawah kekuasaan kolonial Inggris.

Baca juga: Beyonce Pakai Berlian Lebih dari 200 Karat dalam Kampanye Tiffany & Co

Menurut PBB, istilah blood diamond merujuk pada berlian yang ditambang di daerah-daerah yang dikendalikan oleh pasukan yang menentang pemerintah yang sah dan diakui secara internasional dari suatu negara dan dijual guna mendanai aksi militer kelompok militan itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam proses penambangannya, warga kulit hitam yang dipekerjakan kerapkali mengalami kondisi yang mengerikan termasuk sering tidak mendapatkan bayaran atas pekerjaannya.

Selain itu, lokasi penambangannya juga tidak layak dan amat berbahaya sehingga kerap merenggut nyawa pekerjanya.

Banyak pekerjanya juga terpaksa hidup dalam kondisi memprihatinkan sehingga terpapar banyak penyakit berbahaya termasuk pneumonia dan kudis.

Berlian berdarah ini dianggap sebagai perlambang sejarah buruk kolonialisme kulit putih di Afrika. Menggunakan berlian tersebut dan mempertontonkannya ke publik dinilai sebagai perilaku yang memalukan dan tidak sensitif.

Baca juga: Beyonce Kenakan Gaun Rancangan Desainer Indonesia

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.