Kompas.com - 07/09/2021, 13:29 WIB

KOMPAS.com - Jika kita bukan orang yang suka bangun pagi, kemungkinannya adalah kita langsung menekan tombol snooze setelah terbangun karena bunyi alarm. 

Menunda waktu bangun tidur memang menyenangkan, apalagi kalau sebelumnya kita tidur terlalu larut. Syaangnya, keheningan setelah menekan tombol "snooze" hanya bertahan dalam waktu sembilan menit. 

Pengaturan waktu tunda rata-rata alarm memang sembilan menit. Hal ini menimbulkan pertanyaan, kenapa waktunya "nanggung" dan bukan 10 menit saja? Ternyata ada alasannya.

Pengaturan otomatis di ponsel kita sebenarnya dimulai setengah abad yang lalu. Jam alarm diperkenalkan ke tombol snooze pada tahun 1956 dengan Snooz-Alarm General Electric-Telechron.

Penundaan model itu berlangsung sembilan menit, tetapi kemungkinan ada beberapa alasan mengapa.

Baca juga: 5 Tips untuk Segera Bangun Setelah Dengar Alarm

Sebelum adanya fungsi snooze, jam alarm sudah eksis sehingga pengaturan perlengkapan standar para pembuat jam. Nah, karena membuat mesin jam berbunyi tepat 10 menit ternyata tidak mungkin, sehingga mereka harus memilih antara mengaturnya pada sembilan menit  beberapa detik atau sepuluh menit lebih sedikit.

Waktu tunda dua digit akan lebih sulit untuk diprogram daripada satu digit, jadi desainer jam mememilih desain yang tak rumit. Lagi pula hal itu lebih bermanfaat bagi snoozers atau yang suka menunda waktu bangun tidur.

“Dalam hal tidur, sembilan menit adalah waktu yang cukup untuk istirahat singkat. Namun, begitu kira melewati tanda sepuluh menit, tubuh dapat mulai tertidur kembali, yang akan membuat bangun lagi menjadi sulit dan lebih tidak menyenangkan,"

Demikian yang dikatakan Holly Schiff, PsyD, psikolog klinis berlisensi yang berbasis di Greenwich, Connecticut.

Baca juga: Ketahui, Ini 9 Penyebab Sakit Kepala Saat Bangun Pagi

Apakah menunda alarm baik untuk kita?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.