Kompas.com - 09/09/2021, 09:30 WIB
Banyak orang meyakini minum air es bisa bikin gemuk. FREEPIK/JCOMPBanyak orang meyakini minum air es bisa bikin gemuk.

KOMPAS.com - Kita mungkin sering mendengar anggapan bahwa minum air es bisa bikin gemuk.

Lalu, apakah minum air es bisa bikin gemuk atau anggapan ini hanyalah mitos?

Mengutip pemberitaan Kompas.com (31/01/2021), ahli gizi Pooja Makhija pernah mengungkapkan lewat Instagramnya bahwa air putih memiliki 0 kalori.

Untuk itu, air putih dalam suhu berapa pun, termasuk air es, sebetulnya tidak menyebabkan kenaikan berat badan.

Pooja kemudian menyertakan sebuah studi dari Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism (2006), yang menyebutkan bahwa minum air dingin malah bisa membantu menurunkan berat badan.

Dengan minum air dingin, tubuh perlu membakar sejumlah kalori untuk menghangatkan air tersebut agar mencapai suhu tubuh.

Air putih memiliki 0 kalori. Untuk itu, air putih dalam suhu berapa pun, termasuk air es, sebetulnya tidak menyebabkan kenaikan berat badan.PEXELS/KAROLINA GRABOWSKA Air putih memiliki 0 kalori. Untuk itu, air putih dalam suhu berapa pun, termasuk air es, sebetulnya tidak menyebabkan kenaikan berat badan.
Sementara itu, mengutip pemberitaan Kompas.com (16/01/2020), peneliti studi Clive M. Brown dkk dari Departemen Kedokteran, Divisi Fisiologi, Universitas Fribourg Swiss menjelaskan, minum air es setiap kali makan sudah cukup untuk meningkatkan metabolisme tubuh kita hingga 30 persen, setelah 30-40 menit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Itulah waktu di mana tubuh bekerja lebih keras untuk mengatasi masuknya suhu dingin.

Sementara itu, laman Healthline menyebutkan, minum air es bisa menjadi alternatif yang lebih sehat bagi orang-orang yang suka dengan minuman dingin dengan rasa, seperti es teh manis, es sirum, dan minuman manis dingin lainnya yang tinggi kalori.

Bagi orang yang baru selesai berolahraga, minum air es juga bisa membantu mencegah tubuh mengalami overheat atau suhu tubuh yang terlalu panas setelah beroalahraga.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.