Kompas.com - Diperbarui 14/09/2021, 15:42 WIB
Menu diet sehat tak hanya penting bagi orang yang ingin memiliki berat badan ideal, tapi juga bagi siapa saja yang ingin menjaga kesehatan tubuh. SHUTTERSTOCKMenu diet sehat tak hanya penting bagi orang yang ingin memiliki berat badan ideal, tapi juga bagi siapa saja yang ingin menjaga kesehatan tubuh.

KOMPAS.com - Menyiapkan menu diet sehat tak hanya penting bagi orang-orang yang ingin memiliki berat badan ideal, tapi juga bagi siapa saja yang ingin menjaga kesehatan tubuh.

Namun, menerapkan diet sehat secara konsisten menjadi tantangan tersendiri. Sebab, saat ini kita bisa dengan mudah menemukan banyak makanan tidak sehat di lingkungan sekitar, yang pada akhirnya malah mengganggu upaya penerapan diet sehat.

Mengenal diet sehat

Apa itu diet sehat? Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), diet sehat adalah bagian dari cara membantu mencegah malnutrisi dan mencegah penyakit tidak menular (PTM).

Saat ini, makanan di sekeliling kita cenderung tinggi kalori, lemak, gula, dan garam/natrium. Hal itu diperparah dengan kebiasaan kurang makan sayur dan buah, serta sumber serat lain, seperti biji-bijian.

Komposisi diet sehat dan seimbang sangatlah beragam, tergantung pada karakteristik individu. Misalnya, usia, jenis kelamin, gaya hidup (termasuk tingkat aktivitas fisik), kebiasaan pola makan, konteks budaya, hingga makanan yang tersedia.

Namun, prinsip dasar diet sehat sebetulnya sama saja.

Menu diet sehat

Menu diet sehat perlu disesuaikan porsinya agar dapat memenuhi total kalori harian.
SHUTTERSTOCK Menu diet sehat perlu disesuaikan porsinya agar dapat memenuhi total kalori harian.
Mengutip buku Menu Katering Sehat yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI, kalori atau energi rata-rata yang diperlukan orang dewasa per hari berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2013 adalah 2.150 kkal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, jumlah kalori dapat bervariasi karena berbagai faktor. Pada orang dengan berat badan berlebih atau ingin menurunkan berat badan, misalnya, kebutuhan energinya bisa lebih rendah dari 2.150 kkal.

Berdasarkan rata-rata kebutuhan kalori sehari, maka pemilihan menu diet sehat dapat dimulai dari 1.200 kkal, 1.500 kkal, 1.700 kkal, 1.900 kkal, dan 2.150 kkal.

Baca juga: 11 Cara Diet Sehat, Sepele tapi Efektif

Contoh menu diet sehat untuk seminggu

Menu makanan sehat harus disesuaikan dengan kebutuhan kalori harian. Pada orang pada umumnya, kebutuhan kalori harian adalah 2.150 kkal.SHUTTERSTOCK/Red Floyd Menu makanan sehat harus disesuaikan dengan kebutuhan kalori harian. Pada orang pada umumnya, kebutuhan kalori harian adalah 2.150 kkal.
Sebagai gambaran, porsi kalori untuk makan siang dan atau makan malam adalah sekitar 25 persen dari total kalori harian.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.