Kompas.com - Diperbarui 14/09/2021, 15:42 WIB
Tak sedikit orang yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat dan instan sehingga mengabaikan faktor kesehatan FREEPIK/JCOMPTak sedikit orang yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat dan instan sehingga mengabaikan faktor kesehatan

KOMPAS.com - Diet sehat tak hanya membantu mendapatkan berat badan ideal, tetapi juga membantu mencegah berbagai penyakit.

Namun, belum semua orang menerapkan diet sehat. Bahkan, sebagian orang yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat dan instan terkadang mengabaikan faktor kesehatan.

Padahal, dengan menerapkan diet sehat bersama gaya hidup sehat lainnya, kita tak hanya meraih target berat badan ideal tetapi juga kesehatan jangka panjang,

Cara diet sehat

Berikut kebiasaan sederhana dan cara diet sehat yang bisa kita praktikkan:

1. Makan perlahan

Salah satu praktik diet sehat adalah makan perlahan. Ini memungkinkan kita untuk lebih menikmati makanan dan membuat kita lebih cepat kenyang.PEXELS/LISA Salah satu praktik diet sehat adalah makan perlahan. Ini memungkinkan kita untuk lebih menikmati makanan dan membuat kita lebih cepat kenyang.
Melansir Everyday Health, menurut pekerja sosial klinis dan psikoterapis berlisensi dari New York City, Janet Zinn, makan perlahan memungkinkan kita untuk lebih menikmati makanan dan membuat kita lebih cepat kenyang.

Jika perut lebih cepat kenyang, kita pun akan terhindar dari perilaku makan berlebih.

Selain makan perlahan, beberapa praktik makan mindful (mindful eating) yang juga penting dipraktikan sebagai bagian dari cara diet sehat adalah makan di meja makan, menghindari distraksi seperti menonton televisi, dan memilih makanan padat nutrisi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 14 Kebiasaan yang Bikin Cepat Kurus

2. Mencatat makanan dan minuman yang diasup

Cara diet sehat juga meliputi aktivitas mencatat makanan dan minuman yang kita konsumsi untuk membantu menurunkan berat badanPEXELS/PIXABAY Cara diet sehat juga meliputi aktivitas mencatat makanan dan minuman yang kita konsumsi untuk membantu menurunkan berat badan
Founder dan CEO perusahaan kebugaran dan kesehatan YourBestFit, Christine King, mengatakan, sejumlah studi menunjukkan bahwa mencatat makanan dan minuman yang kita konsumsi efektif untuk membantu menurunkan berat badan dan menjadi bagian dari cara diet sehat.

Seorang kliennya berhenti mencatat makanan dan minuman yang dia asup selama seminggu. Kliennya tersebut kemudian mengalami kenaikan berat badan hingga 5 kg.

Selain itu, mencatat makanan dan minuman yang kita asup juga bisa jadi cara diet sehat karena kita tahu asupan nutrisi dan kalori yang kita konsumsi.

Baca juga: Jangan Asal Diet Rendah Kalori, Ini Bahayanya

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.