Kompas.com - 15/09/2021, 15:10 WIB
Ilustrasi kerja sampingan, usaha sampingan. SHUTTERSTOCK/BeeboysIlustrasi kerja sampingan, usaha sampingan.

KOMPAS.com – Bekerja memang untuk mencari uang, namun unsur kebahagiaan juga penting dalam bekerja. Penelitian juga menunjukkan, kebahagiaan dalam bekerja merupakan salah satu hal yang berpengaruh pada kebahagiaan hidup.

Jika kita menyukai dan menikmati pekerjaan kita, itu merupakan tanda utama kita bahagia dalam bekerja. 

Jika bahagia kita dapat merasa puas dan otomatis membuat diri berusaha untuk melakukan yang terbaik.

Selain itu, bekerja dengan bahagia akan memberikan dorongan positif, baik dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi di luar pekerjaan.

Kebahagiaan seseorang dalam bekerja pun bisa berbeda tolak ukurnya. Misalnya, ada yang bahagia saat diberi tanggung jawab besar di kantornya, sementara yang lain bahagia jika diberi tanggung jawab yang lebih sedikit.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Burnout Saat Bekerja di Masa Pandemi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Besaran gaji bukan satu-satunya faktor yang menentukan kebahagiaan kerja. Struktur organisasi, jenjang karier, hingga kesempatan untuk menambah skill, juga berpengaruh pada kebahagiaan karyawan.

Sayangnya tidak semua orang bisa bekerja dengan rasa bahagia. Pasalnya, beberapa orang berpikir kalau bekerja adalah cara untuk mendukung kebutuhan finansial, artinya, mereka hidup untuk bekerja dan tidak peduli dengan kebahagiaan mereka.

Ada juga yang bekerja tidak sesuai passion, namun kebutuhan finansial menghalangi mereka untuk mencari pekerjaan lain, membuat mereka tidak bahagia,

Walau kita belum menemukan tempat kerja impian sehingga kita merasa bahagia, sebenarnya kita juga bisa menciptakan kebahagiaan itu. Berikut tipsnya.

Disiplin

Halaman:


Sumber I Am Expat
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.