Kompas.com - 15/09/2021, 19:17 WIB
Ilustrasi telinga PEXELS/AGUNG PANDIT WIGUNAIlustrasi telinga

KOMPAS.com - Merawat telinga sangatah penting demi melindungi pendengaran kita.

Kehilangan pendengaran memang tak selalu bisa terhindarkan seiring usia menua. Namun, sejumlah cara merawat telinga dengan kebiasaan positif bisa membantu pendengaran kita tetap optimal.

Cara merawat telinga untuk pendengaran yang sehat

Cara merawat telinga dilakukan dengan membersihkannya secara rutin dan menghindarkan dari suara-suara keras.UNSPLASH/BRUCE MARS Cara merawat telinga dilakukan dengan membersihkannya secara rutin dan menghindarkan dari suara-suara keras.
Melansir Cleveland Clinic, telinga adalah bagian paling penting dalam sistem pendengaran manusia. Untuk itu, merawat telinga sangat penting untuk dilakukan.

Membersihkan telinga adalah tahapan pertama sebagai bagian dari cara merawat telinga. Ini perlu dilakukan bersama tindakan pencegahan dan perawatan infeksi.

Cara merawat telinga juga dilakukan dengan menghindari suara-suara tidak perlu dan mengenali kemungkinan kehilangan pendengaran.

Baca juga: 5 Penyebab Berkurangnya Kemampuan Pendengaran, Tak Hanya Faktor Usia

Cara merawat telinga dengan benar

Beberapa cara merawat telinga yang dapat dipraktikkan antara lain:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Rajin membersihkan telinga

Hindari cara membersihkan telinga dengan benda-benda yang lebih kecil dari jari kita atau benda dengan ujung tajam. Tisu basah dapat digunakan untuk membersihkan area luar telinga.UNSPLASH/KELLY SIKKEMA Hindari cara membersihkan telinga dengan benda-benda yang lebih kecil dari jari kita atau benda dengan ujung tajam. Tisu basah dapat digunakan untuk membersihkan area luar telinga.
Jangan membersihkan telinga dengan benda-benda yang lebih kecil dari jari kita dan jangan gunakan benda yang memiliki ujung tajam untuk membersihkan telinga.

Sebab, benda-benda tersebut dapat mencederai saluran telinga atau gendang telinga.

Laman Happy Ears Hearing Center menyarankan untuk membersihkan bagian luar telinga dengan kain atau tisu basah untuk mengangkat kotoran, keringat, dan minyak pada kulit. Tapi, jangan memasukkan benda apapun ke dalam telinga.

Bersihkan cuping telinga secara teratur. Jika memiliki tindik telinga, pertimbangkan untuk menggunakan alkohol gosok untuk membersihkan area tindik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.