Kompas.com - 16/09/2021, 16:52 WIB
Ilustrasi pria shutterstockIlustrasi pria
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Banyak yang mengira bahwa memilih untuk hidup sendiri bakal selalu merasa kesepian. Padahal, tidak selamanya begitu.

Memang, manusia adalah mahluk sosial yang memerlukan koneksi dengan orang lain. Namun, waktu untuk sendiri juga diperlukan.

Ya, waktu sendiri dapat menjadi kesempatan bagus untuk lebih mengenal diri sendiri, meningkatkan kesehatan mental, dan melakukan apa yang kita sukai dengan bebas, tanpa ada gangguan dari orang lain.

Nah, berikut ini ada 10 cara menjadi lebih bahagia meski sendiri.

1. Cobalah membangun hubungan baik dengan diri sendiri

Sendiri adalah kesempatan kita untuk lebih mengenal diri sendiri. Namun, melakukannya nyatanya tak selalu mudah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sendiri mungkin sulit bagi beberapa orang, terlepas dari alasannya, Namun, gunakan rasa tidak nyaman itu sebagai kesempatan untuk mengenal diri sendiri dan renungkan apa yang terjadi saat kita sendirian,” ujar Heather Z Lyons, PhD, psikolog dan pemilik Baltimore Therapy Group di Baltimore, Maryland.

Kita bisa melakukan hal ini dengan berpikir atau membuat sebuah jurnal terkait nilai, kesukaan, ketidaksukaan, dan emosi saat ini.

Baca juga: Pilihan Hidup Melajang Tak Selalu Berujung Kesepian

2. Menjadi relawan

Dalam sebuah penelitian yang digelar pada 2020 di Inggris, beberapa orang partisipan mengisi sebuah survei terkait kesehatan mental dan kebiasaan menjadi relawan yang digelar setiap dua tahun sekali mulai dari 1996 hingga 2014.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.