Kompas.com - 17/09/2021, 06:00 WIB
Ilustrasi pexelsIlustrasi

KOMPAS.com - Membicarakan tentang seks dan perubahanya antara suami dan istri adalah hal yang normal.

Apalagi, ketika pasangan mulai tidak bisa lagi mengandalkan gairah atau nafsu murni, yang membuat hubungan seksual menjadi tak sehat lagi.

"Pendekatan secara keseluruhan itu sangat penting untuk memahami bahwa hidup dapat berubah sewaktu-waktu," kata terapis seks, Jacqueline Hellyer.

Baca juga: 8 Cara Hubungan Seks Bisa Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

"Seks itu seperti makanan. Jadi, kita harus memutuskan seperti apa rasanya setiap kali makan dan begitu pula dengan seks," lanjut dia.

Dalam hal ini, usia juga berperan penting mengubah pola seks kita. Misalnya, di usia 20-an dan 30-an akan berbeda dengan usia di atas 40-an.

Nah, bagi orang-orang yang sudah menginjak usia 40 tahun lebih, berikut terdapat beberapa tips memiliki kehidupan seks yang lebih sehat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seks di usia 40-an

Usia 40-an adalah masa pergeseran identitas bagi banyak orang karena karir mereka menjadi lebih mapan dan anak-anak mereka tumbuh lebih mandiri.

Tapi, sayangnya, di usia ini biasanya akan muncul tantangan dalam rumah tangga dan pasangan mungkin menghadapi godaan atau kebosanan, bahkan perselingkuhan.

Menurut psiko-seksolog yang berbasis di Melbourne, Chantelle Otten, inilah saatnya untuk fokus pada komunikasi dalam hubungan.

Baca juga: Tips Agar Gangguan Pencernaan Tak Halangi Hubungan Seks

"Setiap pasangan perlu mengingat bagaimana kita ingin berinteraksi satu sama lain dan bagaimana kita bisa menemukan gairah itu lagi," kata dia.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.