Kompas.com - 23/09/2021, 11:01 WIB
Ilustrasi melamun g-stockstudioIlustrasi melamun
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Melamun kerap dipandang sebagai sesuatu yang negatif dan tidak berguna. Karena itu, tak heran saat kita kecil, orangtua sering melarang kita untuk melamun.

Namun, bagaimana jika sebenarnya melamun memberi manfaat bagi kita?

Ya, sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Florida menemukan bahwa orang yang melamun memiliki toleransi lebih baik pada rasa sakit dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sayangnya, berbeda dengan anak-anak, orang dewasa cenderung lebih sulit melamun. Pasalnya, seiring usia yang bertambah, banyak orang dewasa yang kehilangan sisi imajinatif mereka.

"Imajinasi adalah bagian dari perangkat kognitif kita yang kurang berkembang, dan ini agak menyedihkan,” ujar Erin Westgate, psikolog dari University of Florida dalam sebuah pernyataan.

Menurut Westgate, agar benar-benar bisa melamun, otak perlu membuat pikiran-pikiran positif, yang bisa menjadi suatu tantangan bagi orang dewasa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita harus menjadi aktor, sutradara, screenwriter, dan penonton dari sebuah pertunjukan mental. Meski kita nampak tak melakukan apapun, sebenarnya kognitif bekerja,” ujarnya.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Emotion tersebut, Westgate dan timnya mengumpulkan sekelompok relawan, dan meminta mereka untuk memikirkan hal-hal positif dan bermakna.

Awalnya, tim peneliti mengira bahwa hal ini akan membantu para partisipan untuk melamun, namun kenyataannya, para partisipan mengatakan bahwa mereka tidak menyukai proses ini dan meminta panduan.

"Rupanya, hal itu cukup berat. Tampaknya tidak terpikir oleh mereka bahwa mereka dapat menggunakan waktu yang ada untuk menikmati pikiran mereka sendiri," kata Westgate.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.