Kompas.com - 24/09/2021, 20:52 WIB
Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Barat Herawanto dan Ketua Dekranasda Jabar, Atalia Ridwan Kamil melihat berbagai produk UMKM yang mengusung konsep green product. Dok BI JABARKepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Barat Herawanto dan Ketua Dekranasda Jabar, Atalia Ridwan Kamil melihat berbagai produk UMKM yang mengusung konsep green product.


KOMPAS.com - Karya Kreatif Indonesia (KKI) memamerkan beragam produk unggulan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Jawa Barat yang mengusung konsep green product.

Seperti brand Sarayagasa. Produk yang diinisiasi empat wirausahawan muda ini menggunakan bahan baku benang dan kain dari limbah.

Limbah tersebut kemudian diolah lebih lanjut dengan pewarnaan yang juga menggunakan bahan-bahan alam.

"Dalam mewujudkan karyanya, Saragayasa memberdayakan tenaga kerja, khususnya wanita (ibu-ibu) yang berada di lingkungan sekitar."

Demikian penjelasan Kepala Bank Indonesia (BI) Jabar, Herawanto di Bandung, Jumat (24/9/2021).

Baca juga: Cemilokal, Kolaborasi UMKM Makanan di Era Pandemi, Apa Itu?

Kerja keras mereka pun membuahkan hasil. Salah satunya, mengikuti Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) showcase di Sydney, Australia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, ada banyak produk unggulan menarik dalam KKI yang akan digelar 23-26 September 2021, dan dipusatkan di Aceh tersebut.

Untuk Jabar, acara digelar di Hotel Savoy Homann, Bandung.

"Ini merupakan bagian dari Gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (BWI)," tutur Herawanto.

Limbah kopi

Ketua Dekranasda Jawa Barat, Atalia Praratya Ridwan Kamil menyatakan, produk unik lainnya yang dimiliki Jabar adalah pemanfaatan limbah kopi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.