5 Tips Ala Sandiaga Uno agar UMKM Bertahan di Era New Normal

Kompas.com - 10/07/2020, 17:00 WIB
Sandiaga Uno ketika berkunjung ke gerai kedua Saturdays di mal Gandaria City, Jakarta Selatan, Sabtu (22/2/2020). Dok. SaturdaysSandiaga Uno ketika berkunjung ke gerai kedua Saturdays di mal Gandaria City, Jakarta Selatan, Sabtu (22/2/2020).

KOMPAS.com – Pengusaha Sandiaga Uno berbagi tips agar usaha mikro kecil menengah ( UMKM) bertahan dan bertumbuh di era new normal.

Sandiaga dalam Webinar Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Bandung (Unisba) mengatakan, ada lima hal yang harus diperhatikan para pelaku UMKM.

1. Beradaptasi dengan kenormalam baru lewat perubahan mendasar.

Hal ini terkait dengan segmentasi konsumen, saluran, sumber daya, sumber pendapatan, kerja sama, struktur biaya, dan lainnya.

Baca juga: Sandiaga Uno Pilih Celana Custom demi Kenyamanan

“Perhatikan cashflow, perhitungkan kecepatan penerimaan (cashflow),” kata Sandi, Jumat (10/7/2020).

2. Modifikasi produk dengan kebutuhan konsumen

Salah satu produk yang banyak dicari saat ini adalah yang berhubungan dengan protokol kesehatan virus corona (Covid-19).

Contohnya faceshield, yang merupakan bagian dari modifikasi produk yang banyak dibutuhkan konsumen saat ini.

Kemudian cairan disinfektan, sangat dicari, kata Sandi.

Agar lebih diminati, kemasan disinfektan harus diperhatikan. Misal menggunakan model sprai yang praktis dan enak dipandang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X