Kompas.com - 28/09/2021, 18:52 WIB
Memulai hubungan di usia 30an memerlukan perhatian dibandingkan kisah percintaan masa remaja yang hanya berjalan dengan modal cinta. PEXELS/ Ron Lach Memulai hubungan di usia 30an memerlukan perhatian dibandingkan kisah percintaan masa remaja yang hanya berjalan dengan modal cinta.

KOMPAS.com - Berkencan tampak jauh lebih mudah dilakukan ketika kita masih muda, karena semuanya tampak begitu lebih sederhana. Cuma perlu rasa saling mencintai dengan pasangan, cukup.

Namun, begitu memasuki usia 30-an, berkencan rasanya berbelit-belit, dan kita harus banyak menyaring calon pasangan yang tepat, bukan hanya modal cinta saja.

Beberapa aspek berkencan di usia 30-an membuat prosesnya seakan lebih sulit, karena jumlah kandidat yang juga menyusut.

Selain itu, berkencan di usia 30-an berarti kita mungkin telah mengalami kegagalan dari sebuah hubungan.

Baca juga: Populer di Dunia Kencan, Apa itu Ghosting?

Kendati demikian, berkencan di usia 30-an tetap memiliki banyak keuntungan, karena kita sudah mengenal diri kita jauh lebih baik, dan lebih matang lewat proses dari hubungan sebelumnya.

Kuantitas kencan juga mungkin berkurang, tetapi kualitasnya cenderung meningkat saat kita menggunakan kebijaksanaan yang berkembang seiring bertambahnya usia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nah, bagi yang mulai untuk berkencan lagi di usia 30-an, cobalah untuk menyimak delapan pedoman penting yang mungkin dapat membantu.

1. Mengetahui siapa diri kita

"Jalan terpendek menuju kesuksesan dalam sebuah hubungan adalah dengan memahami diri sendiri," kata seorang pakar hubungan cinta, Kingsley Moyo.

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk memulai berkencan di usia 30-an, sebaiknya kita fokus pada hal ini terlebih dahulu.

Konselor berlisensi, Shanta Jackson, MA, LPC juga berpendapat, hal terburuk yang dapat kita lakukan untuk diri sendiri adalah berkencan di usia 30-an, dan tidak tahu siapa diri kita.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.