Kompas.com - 30/09/2021, 11:49 WIB

KOMPAS.com - Banyak orang mencari cara mencerahkan kulit karena menginginkan wajah yang tampak lebih bersinar.

Itulah mengapa, banyak produk dengan label "memutihkan" atau "mencerahkan" banyak tersedia di pasaran dengan beragam harga.

Padahal, cara mencerahkan kulit bisa diawali dengan melakukan perubahan gaya hidup sehari-hari, melakukan perawatan rumahan, didukung dengan penggunaan produk skincare yang dijual bebas di pasaran.

Kulit yang tidak cerah, kusam, dan memiliki masalah pigmentasi dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk paparan sinar matahari berlebih, polusi, pola hidup tidak sehat, kondisi kesehatan yang mendasari, hingga stres.

Mencoba perawatan rumahan bisa menjadi langkah awal yang relatif aman jika mencari cara mencerahkan kulit. Berkonsultasilah dengan dokter jika menginginkan solusi yang lebih baik dan cepat.

Baca juga: 6 Manfaat Masker Kopi untuk Kulit Wajah, Sayang Dilewatkan

Cara mencerahkan kulit wajah

Berikut beberapa cara mencerahkan kulit wajah dengan cara rumahan sehingga membuatnya tampak lebih cerah, berkilau, dan sehat:

1. Rajin mengenakan tabir surya

Rajin menggunakan tabir surya sebagai salah satu cara mencerahkan kulit wajah.FREEPIK/GPOINTSTUDIO Rajin menggunakan tabir surya sebagai salah satu cara mencerahkan kulit wajah.
Paparan sinar matahari berlebih tak hanya membuat kulit terlihat lebih kusam seiring waktu, tetapi juga memicu munculnya tanda-tanda penuaan kulit, seperti kerutan dan flek hitam.

Lebih rajin mengenakan tabir surya, terutama ketika banyak beraktivitas di luar ruangan, adalah salah satu cara mencerahkan kulit wajah yang dapat kita lakukan.

Menurut Healthline, dianjurkan menggunakan tabir surya dengan minimal 15 SPF untuk mencegah kanker kulit.

Menjaga kulit tetap terlindungi dari sinar ultraviolet yang berbahaya bisa mencegah proses penuaan kulit.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.