Kompas.com - 06/10/2021, 11:59 WIB
Ilustrasi belanja online shutterstockIlustrasi belanja online
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 yang tidak kunjung usai dan memaksa kita untuk menghabiskan waktu di rumah tentu akan membuat kita bosan dan merasa kesepian.

Tak jarang, hal ini akan menyebabkan gangguan kesehatan mental, seperti gangguan kecemasan, stres, hingga depresi.

Karena itu, kita perlu mencari cara untuk mencegahnya dengan mencintai diri sendiri atau self-care.

Self-care penting untuk dilakukan secara rutin dan teratur, bukan hanya ketika memiliki waktu luang saja. Hal ini dapat mengurangi rasa stres yang ditimbulkan oleh berbagai tanggung jawab sehari-hari,” ujar psikolog klinis Sri Juwita Kusumawardhani, M.Psi.

Menurut psikolog dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia yang akrab dipanggil Wita ini, salah satu cara self-care untuk menimbulkan perasaan bahagia adalah dengan berbelanja.

Kendati demikian, kita perlu memastikan untuk berbelanja sesuai budget agar tidak semakin menambah beban pikiran. Ia juga mengungkapkan bahwa belanja dengan promo agar lebih hemat dapat memberikan kepuasan dan kebahagiaan berlipat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mencintai Diri Sendiri, Bagaimana Caranya?

Lantas, bagaimana cara berbelanja yang dapat dilakukan sebagai bentuk self-care dan baik untuk kesehatan mental? Menurut Wita, begini triknya:

Membeli momen berharga

Membeli suatu pengalaman dapat memberikan perasaan bahagia yang berbeda dan lebih tahan lama di dalam diri karena dapat menjadi kenang-kenangan di kemudian hari.

Apalagi, jika momen berharga itu dinikmati dengan orang-orang terkasih, seperti melakukan staycation dengan keluarga atau makan bersama di restoran yang sudah lama ingin dicoba.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.