Kompas.com - 11/10/2021, 13:36 WIB
Penting untuk memilih makanan yang tepat untuk mengendalikan asam lambung agar tidak berujung pada refluks asam parah atau kronis menjadi GERD termasuk memilih buah untuk asam lambung. SHUTTERSTOCKPenting untuk memilih makanan yang tepat untuk mengendalikan asam lambung agar tidak berujung pada refluks asam parah atau kronis menjadi GERD termasuk memilih buah untuk asam lambung.

KOMPAS.com - Asam lambung naik atau gastroesophageal reflux disease (GERD) terjadi ketika asam mengalir kembali dari lambung ke kerongkongan.

Kondisi asam lambung naik sering kali dapat menyebabkan komplikasi atau gejala yang mengganggu, seperti heartburn.

Salah satu penyebab asam lambung naik adalah sfingter esofagus bagian bawah (LES) yang melemah atau rusak.

Padahal, ketika berfungsi secara normal, LES akan menutup untuk mencegah makanan di perut bergerak ke kerongkongan.

Makanan yang kita makan akan ikut memengaruhi jumlah asam yang diproduksi perut, termasuk memilih buah untuk asam lambung. Untuk itu, pilih makanan yang tepat untuk mengendalikan asam lambung agar tidak berujung pada refluks asam parah atau kronis menjadi GERD.

Baca juga: Bisakah Gerd Disembuhkan?

Buah untuk asam lambung

Buah untuk asam lambung tidak akan membantu mengobati kondisi yang dialami. Namun, memilih buah untuk asam lambung bisa membantu mengelola gejalanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa buah untuk asam lambung naik antara lain:

1. Pisang

Pisang bisa menjadi salah satu pilihan buah untuk asam lambung naik karena rendah asam.PEXELS/ALLEKSANA Pisang bisa menjadi salah satu pilihan buah untuk asam lambung naik karena rendah asam.
Menurut ahli gastroenterologi dari Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California, Rudolph Bedford, MD, pisang bisa menjadi salah satu pilihan buah untuk asam lambung naik karena rendah asam.

Selain itu, karena tinggi akan serat, pisang juga membantu menguatkan sistem pencernaan, sehingga dapat membantu mencegah gangguan pencernaan.

Salah satu serat larut yang ditemukan dalam pisang adalah pektin, yang dapat membantu memindahkan isi perut melalui saluran pencernaan kita.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.