Kompas.com - 11/10/2021, 20:33 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Sepsis adalah kondisi medis darurat yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bekerja tak terkendali melawan infeksi.

Kondisi ini bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan dan bahkan berisiko kematian. Hal ini dipicu kegagalan fungsi organ yang membuat tubuh tidak bisa berfungsi seperti semestinya.

Pengalaman buruk inilah yang baru saja dilewati oleh Chicco Jerikho, seperti dibagikannya di Instaram. Ia mengaku sempat kritis ketika dirawat di rumah sakit karena mengalami sepsis.

Kondisinya drop begitu cepat sehingga harus dirawat intensif dengan bantuan berbagai alat medis.

Respon cepat inilah yang membantu nyawanya bisa terselamatkan. Begitu pula dengan pola hidup sehat, olahraga dan konsumsi suplemen secara rutin yang membuatnya bisa pulih lebih cepat.

Sepsis merupakan kondisi yang bisa menyebabkan kematian namun bukan berarti tidak bisa dicegah. Ada sejumlah hal yang perlu kita perhatikan untuk mencegah agar infeksi yang dialami tidak memburuk dan menjadi sepsis berat.

Baca juga: Mengenal Gejala Sepsis, Kondisi Medis yang Dialami Chicco Jerikho

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara mencegah sepsis ketika mengalami infeksi

Gejala sepsis termasuk demam, detak jantung meningkat, sesak napas dan disorientasi. Jika tidak mendapatkan penanganan cepat dan tepat, kondisi ini bisa mengarah pada syok septik.

“Syok septik adalah keadaan di mana organ tidak menerima aliran darah yang sesuai untuk berfungsi karena tekanan darah yang sangat rendah,” kata Kimberly Brown, MD, MPH, dokter ruang gawat darurat (ER), dikutip dari laman Everyday Health.

Sepsis dapat dipicu akan kehadiran infeksi di dalam tubuh, termasuk yang disebabkan bakteri, virus dan jamur.

Sejumlah masalah kesehatan yang mungkin jadi pemicunya misalnya infeksi saluran kemih, pneumonia, infeksi perut, dan infeksi kulit.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.