Kompas.com - 13/10/2021, 18:24 WIB
Otak membutuhkan asupan nutrisi yang cukup agar bisa berfungsi optimal, seperti layaknya organ tubuh lainnya. ISTOCKPHOTOOtak membutuhkan asupan nutrisi yang cukup agar bisa berfungsi optimal, seperti layaknya organ tubuh lainnya.

KOMPAS.com - Vitamin diperlukan otak agar mampu berkembang sempurna dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Vitamin bermanfaat baik bagi otak anak maupun orang dewasa. Tanpa asupan nutrisi yang memadai, otak tidak bisa bekerja optimal.

Jika otak tidak memeroleh asupan vitamin dari makanan, cara yang bisa ditempuh untuk mencukupi kebutuhan vitamin adalah dengan mengonsumsi suplemen otak.

Laporan yang dimuat Global Counsel on Brain Health di tahun 2019 mengungkap, penduduk dunia diprediksi menghabiskan lebih dari 5 miliar dollar AS per tahun untuk membeli suplemen otak pada 2023.

Angka tersebut setara dengan kira-kira Rp 71 triliun.

Baca juga: 7 Latihan Otak di Pagi Hari untuk Menjernihkan Pikiran

Namun, apakah suplemen dapat meningkatkan fungsi otak?  "Penelitian di bidang ini masih dalam tahap awal," kata ahli diet Maxine Smith, RDN, LD.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami belum memiliki data yang kami butuhkan untuk membuat rekomendasi tentang apakah suplemen otak bekerja dengan baik. Dan ada beberapa masalah keamanan."

Banyak bahan dalam suplemen otak dikaitkan dengan kesehatan otak. "Tetapi banyak bukti berasal dari penelitian tentang makanan dan diet, bukan suplemen," kata Smith.

"Ada lebih dari 25.000 zat bioaktif dalam makanan, yang bekerja sama untuk melindungi tubuh termasuk otak, dan proses yang memengaruhi otak."

"Mengonsumsi 1-2 vitamin saja atau bahan kimia itu tidak akan melindungi tubuh sepenuhnya," tambah dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.