Kompas.com - 14/10/2021, 13:25 WIB
Koleksi tas Coach. Dok CoachKoleksi tas Coach.

KOMPAS.com - Merek fashion asal New York, Amerika Serikat, Coach mengumumkan bahwa pihaknya tidak akan lagi menghancurkan barang-barang yang rusak atau "tidak dapat dijual" yang dikembalikan ke tokonya.

Kebijakan ini muncul setelah sebuah video viral di aplikasi TikTok mengeklaim bahwa merek tersebut dengan sengaja memotong barang-barang "reject" untuk tujuan pajak.

Tanpa secara langsung merujuk tuduhan itu, Coach memberikan pernyataannya di Instagram pada Selasa, apabila mereka telah berhenti menghancurkan barang-barang yang diretur ke toko.

Coach juga berupaya untuk mendaur ulang dan menggunakan kembali produk kelebihan produksi atau rusak secara bertanggung jawab.

Baca juga: Tas Branded Preloved, Bisnis yang Tak Mati Didera Pandemi...

Langkah ini mengikuti klaim yang dibuat oleh pengguna aplikasi TikTok, Anna Sacks, yang membuat video dirinya membuka kotak produk Coach yang tampaknya tidak dapat digunakan.

Dalam video berdurasi satu menit itu, Sacks, yang menggunakan nama pengguna @thetrashwalker, mengatakan bahwa Coach memiliki kebijakan untuk dengan sengaja memotong barang dagangan yang tidak diinginkan, sehingga tidak ada yang dapat menggunakannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sambil memegang tas yang robek, sepatu dengan tali yang dipotong dan jaket dengan robekan besar, Sacks menuduh praktik tersebut adalah bagian dari "celah pajak" yang membuat merek tersebut menghapus produk, seolah-olah itu secara tidak sengaja dihancurkan.

Video yang pertama kali diposting ke aplikasi TikTok pada hari Sabtu itu telah disukai lebih dari 560.000 kali.

Reaksi di media sosial pun meningkat ketika akun Instagram Diet Prada, pengawas mode yang berpengaruh, memposting tuduhan tersebut bersama dengan video yang muncul untuk menunjukkan barang-barang Coach yang diambil dari tempat sampah.

Baca juga: Mengintip Koleksi Coach Forever untuk Musim Semi 2021

Praktik industri

Halaman:


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.