Kompas.com - 15/10/2021, 09:27 WIB
Ilustrasi memantau pertumbuhan anak. SHUTTERSTOCKIlustrasi memantau pertumbuhan anak.

KOMPAS.com – Seribu hari pertama kehidupan seorang anak, yang dimulai sejak dalam kandungan sampai anak berusia dua tahun, adalah periode emas untuk memastikan tumbuh kembang anak optimal.

Bila kebutuhan nutrisi anak tidak terpenuhi pada periode emas itu, anak beresiko mengalami berbagai masalah kesehatan, termasuk stunting. Bahkan, sebagian besar masalah itu tidak dapat diperbaiki.

“Intervensi sejak usia dini harus dilakukan untuk mencegah pertumbuhan yang terhambat, daya tahan tubuh rendah, dan perkembangan kecerdasan yang tidak optimal di masa depan,” papar dokter spesialis anak Lanny C.Gultom dalam acara media edukasi yang digelar oleh Abbot secara virtual (14/10/2021).

Walau beberapa masalah akibat kekurangan nutrisi bisa dikejar dengan perbaikan nutrisi, tetapi hasilnya tidak akan optimal.

Misalnya saja anak yang telanjur mengalami stunting setelah usia 2 tahun akan berisiko mengalami berbagai gangguan dalam tumbuh kembang.

Baca juga: Minimalisasi Risiko Stunting, Pakai Metode Ini untuk Prediksi Tinggi Badan Anak

Lanny menjelaskan, anak stunting tidak akan memiliki tinggi badan yang optimal. Selain itu, mereka juga memiliki kemampuan berpikir dan kecerdasan yang terbatas. Risiko terjadi penyakit tidak menular pada masa mendatang juga tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kekurangan nutrisi dapat terjadi pada semua anak, bagaimana pun kondisi sosioekonominya. Ia mengimbau orangtua untuk lebih peduli pada status pertumbuhan dan nutrisi anak.

“Situasi pandemi saat ini juga telah membuat pemenuhan kebutuhan nutrisi dan pengukuran tinggi dan berat badan secara berkala di fasilitas kesehatan lebih terbatas bagi para orangtua,” ujar dokter anak dari Divisi Nutrisi dan Penyakit Metabolik RSUP Fatmawati Jakarta ini.

Formula baru

Pediasure, merek susu produksi Abbot, memperkenalkan formula barunya yang dilengkapi dengan Arginin dan Vitamin K2 untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak, salah satunya untuk mencegah stunting.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.