Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/10/2021, 10:51 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berbagai macam produk yang kita gunakan sehari-hari memang tak lepas dari kandungan bahan kimia, termasuk sampo dan kosmetik yang langsung mengenai kulit.

Tanpa kita sadari, bahan-bahan tersebut dapat berbahaya bagi tubuh kita. Misalnya saja zat kimia phthalate pada sampo dan kosmetik telah dikaitkan dengan kematian dini, khususnya kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung.

Hal ini menjadi penemuan sebuah studi baru yang diterbitkan pada hari Selasa, dalam jurnal Environmental Pollution.

Selama beberapa dekade, para ilmuwan telah mengetahui bahwa phthalate dapat mengganggu fungsi hormon yang penting.

Baca juga: Studi: Banyak Produk Kosmetik Mengandung Bahan Kimia Beracun

Menurut National Institute of Environmental Health Sciences, gangguan hormonal terkecil pun dapat menyebabkan efek yang signifikan terhadap masalah perkembangan, reproduksi, masalah dengan otak, dan sistem kekebalan tubuh.

Paparan zat kimia berbahaya ini juga secara eksplisit dikaitkan dengan obesitas, diabetes, dan penyakit jantung dalam beberapa penelitian.

"Bahan kimia ini memiliki rap sheet," kata penulis utama dan direktur NYU Langone's Center for the Investigation of Environmental Hazards, Leonardo Trasande kepada CNN.

Trasande dan rekan-rekannya di NYU Grossman School of Medicine menganalisis data lebih dari 5.000 orang dewasa berusia antara 55 dan 64 tahun.

Mereka kemudian menemukan bahwa orang-orang yang memiliki kadar phthalate tertinggi dalam urine beresiko lebih besar meninggal dini, terutama karena penyakit jantung.

Studi tersebut menghitung bahwa antara 91.000-107.000 orang dewasa Amerika per tahun yang mengalami kematian dini akibat dari bahan kimia berbahaya ini.

Baca juga: Tak Semua Produk Plastik Bebas BPA Aman

Dapat menimbulkan risiko jika terhirup atau tertelan

Zat kimia phthalate biasanya ditambahkan ke dalam produk-produk plastik kebutuhan sehari-hari untuk membuatnya lebih tahan lama.

Karenanya phthalates juga ditemukan dalam mainan anak-anak supaya tidak gampang pecah, dan juga dalam produk perlengkapan mandi dan kosmetik untuk menjaga keharumannya.

Namun, phthalate dapat menimbulkan ancaman jika terhirup atau tertelan, sehingga anak-anak berada pada risiko yang sangat tinggi untuk terpapar karena mereka cenderung memasukkan tangan ke dalam mulut.

Trasande memberikan tips untuk mengurangi zat kimia berbahaya ini dari rumah kita, misalnya dengan memilih produk perawatan tubuh yang bebas pewangi, mengganti bahan plastik untuk wadah dengan produk yang terbuat dari kaca, stainless steel, atau kayu dan keramik. Selain itu, hindari menggunakan pengharum ruangan berlebihan.

Baca juga: Hati-hati, Zat Kimia dalam Produk Pembersih Bahayakan Paru

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com