Kompas.com - 15/10/2021, 10:51 WIB
Ilustrasi perawatan rambut SHUTTERSTOCKIlustrasi perawatan rambut

KOMPAS.com - Berbagai macam produk yang kita gunakan sehari-hari memang tak lepas dari kandungan bahan kimia, termasuk sampo dan kosmetik yang langsung mengenai kulit.

Tanpa kita sadari, bahan-bahan tersebut dapat berbahaya bagi tubuh kita. Misalnya saja zat kimia phthalate pada sampo dan kosmetik telah dikaitkan dengan kematian dini, khususnya kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung.

Hal ini menjadi penemuan sebuah studi baru yang diterbitkan pada hari Selasa, dalam jurnal Environmental Pollution.

Selama beberapa dekade, para ilmuwan telah mengetahui bahwa phthalate dapat mengganggu fungsi hormon yang penting.

Baca juga: Studi: Banyak Produk Kosmetik Mengandung Bahan Kimia Beracun

Menurut National Institute of Environmental Health Sciences, gangguan hormonal terkecil pun dapat menyebabkan efek yang signifikan terhadap masalah perkembangan, reproduksi, masalah dengan otak, dan sistem kekebalan tubuh.

Paparan zat kimia berbahaya ini juga secara eksplisit dikaitkan dengan obesitas, diabetes, dan penyakit jantung dalam beberapa penelitian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Bahan kimia ini memiliki rap sheet," kata penulis utama dan direktur NYU Langone's Center for the Investigation of Environmental Hazards, Leonardo Trasande kepada CNN.

Trasande dan rekan-rekannya di NYU Grossman School of Medicine menganalisis data lebih dari 5.000 orang dewasa berusia antara 55 dan 64 tahun.

Mereka kemudian menemukan bahwa orang-orang yang memiliki kadar phthalate tertinggi dalam urine beresiko lebih besar meninggal dini, terutama karena penyakit jantung.

Studi tersebut menghitung bahwa antara 91.000-107.000 orang dewasa Amerika per tahun yang mengalami kematian dini akibat dari bahan kimia berbahaya ini.

Baca juga: Tak Semua Produk Plastik Bebas BPA Aman

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.