Kompas.com - 18/10/2021, 17:24 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com – Mengonsumsi camilan atau makanan di luar waktu makan utama sangat dianjurkan untuk anak. Selain dapat menambah energi, camilan sehat juga memenuhi kebutuhan gizi harian anak.

Dijelaskan oleh dr.Attila Dewanti Poerboyo Sp.A (K), camilan sehat sama pentingnya dengan makanan utama.

Anak-anak memiliki lambung yang lebih kecil dari orang dewasa, sehingga ia akan makan dengan porsi yang kecil dulu. Karenanya, anak butuh camilan di sela makanan pokok.

“Namun, jangan sembarang dalam memberikan camilan.. Oran tua perlu cermat dalam memilih camilan yang baik, sehat dan bernutrisi. Jika si kecil terbiasa mengkonsumsi camilan yang kurang baik terus-menerus maka ini akan bisa mengganggu sistem imunnya,” kata Attila dalam siaran pers yang dikirimkan oleh Greenfields Indonesia.

Baca juga: Pentingnya Konsumsi Makanan Sehat untuk Anak Obesitas

Ia menambahkan, diperkirakan bahwa 15-25 persen penyakit anak-anak disebabkan karena pemilihan camilan yang kurang tepat.

Contoh camilan yang kurang sehat misalnya makanan atau minuman tinggi gula, minuman kemasan, atau pun makanan yang mengandung garam tinggi, atau pun softdrink.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Yogurt bisa menjadi pilihan camilan untuk anak, namun perhatikan kadar gulanya dengan membiasakan membaca label kemasan.

Kandungan probiotik atau bakteri baik dalam yogurt bermanfaat untuk kesehatan usus yang membantu melancarkan pencernaan anak. Yogurt juga biasanya tinggi kalsium dan serat pangan dan bisa dikombinasikan dengan buah-buahan.

Selain memilih jenis camilan, Attila juga mengingatkan pentingnya menanamkan kebiasaan makan yang baik untuk si kecil dengan memberikan contoh yang baik baginya.

Kebiasaan makan baik dari usia dini juga akan membantu si kecil menjalankan gaya hidup sehat saat ia tumbuh dewasa.

Baca juga: 7 Cara Mengajarkan Kebiasaan Makan Sehat pada Anak

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.