Kompas.com - 18/10/2021, 18:43 WIB
Menyisir rambut dari kulit kepala hingga ujung rambut dalam keadaan basah menggunakan sisir bergigi halus dapat menjadi salah satu cara menghilangkan kutu rambut dan beberapa telurnya. FREEPIK/JCOMPMenyisir rambut dari kulit kepala hingga ujung rambut dalam keadaan basah menggunakan sisir bergigi halus dapat menjadi salah satu cara menghilangkan kutu rambut dan beberapa telurnya.

KOMPAS.com - Pergi tidur dengan rambut basah atau lembap amat tidak disarankan karena berbagai alasan.

Nasihat untuk tidak tidur dengan rambut basah sebenarnya sudah berkembang sejak dulu karena dapat menyebabkan flu dan masuk angin.

Namun kebiasaan ini ternyata juga berisiko untuk kesehatan dan kondisi kulit kepala maupun rambut kita.

Rambut yang basah ketika tidur membuat kita rentan terinfeksi jamur yang dapat mendatangkan berbagai masalah lainnya.

Sayangnya, ada beberapa hal yang membuat kondisi ini tidak terelakkan sehingga kita tetap tidur dengan rambut yang belum kering. Misalnya saja ketika pulang larut malam dalam kondisi mengantuk dan kelelahan yang amat sangat.

Di sisi lain, rambut sudah terasa begitu kotor dan lepek sehingga harus dicuci dan dikeramas untuk menjaga kebersihannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Alhasil, banyak yang sudah tertidur meski belum benar-benar mengeringkan rambutnya.

Baca juga: Jangan Tidur dengan Rambut Basah, Ini Akibatnya

Hal yang harus dilakukan jika tidur dengan rambut basah

Tidur dengan rambut basah membua kita berisiko flu, terinfeksi jamur atau berketombe. Selain itu, kita juga akan bangun dalam kondisi rambut yang kusut dan saling berkaitan jika tidur dengan rambut basah.

Idealnya, kita harus tidur dengan rambut yang benar-benar kering untuk mengurangi risiko infeksi jamur dan kerusakan rambut.

Namun jika terpaksa melakukannya dan hal ini tidak dapat dihindari, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisasi dampaknya.

Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.