Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/10/2021, 10:32 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mantan bintang NBA Shaquille O'Neal dianggap sebagai salah satu posisi center terbaik dalam permainan bola basket.

Dia memiliki peran yang sangat penting dalam menorehkan three peat Lakers di awal 2000-an dan memenangkan MVP Final di tiga musim itu.

Maka tidak heran jika setelah direkrut oleh tim Orlando Magic pada tahun 1992, dia pun dikejar-kejar beberapa tawaran kerja sama dengan merek besar seperti Nike.

Namun, dia menolaknya dan memutuskan untuk menandatangani kontrak dengan Reebok.

Sebenarnya, baik Nike dan Reebok sama-sama menjadi merek favorit bagi Shaq untuk diajak bekerja sama selama awal 90-an.

Tetapi, sayangnya, setelah bertemu dengan Nike dan mendengarkan tawaran mereka, Shaq merasa lebih terkesan dengan apa yang ditawarkan Reebok.

Baca juga: Shaquille ONeal Jual Mansion Mewahnya di Florida

"Saya menjelaskan bahwa saya menginginkan sepatu saya sendiri. Sepertinya Nike tidak mengerti seberapa besar saya di dalam liga dan saya bukan rookie yang akan bangkit dari lagi dalam dua tahun."

Demikian penuturan Shaq kepada Sole Collector dalam sebuah wawancara, seperti yang dikutip Kompas.com.

"Nike tidak ingin memberikan saya sepatu saya sendiri karena mereka baru saja menandatangani Alonzo Mourning dan itu membuat saya kesal," sambung dia.

Pria berusia 49 tahun itu juga baru-baru ini muncul acara di ABC Network "Jimmy Kimmel Live" dan mengungkapkan bagaimana dia akhirnya menandatangani kontrak dengan Reebok, bukan dengan Nike.

Untuk ini, Shaq mengatakan bahwa Reebok menawarinya signature shoe seperti yang dia inginkan dan Reebok menyetujui idenya.

"Selalu menjadi impian saya untuk memiliki signature shoe sendiri. Jadi, ketika saya pergi ke Reebok, mereka akan memberi apa yang saya inginkan dan memiliki lambang saya," terangnya di Jimmy Kimmel Live.

Baca juga: Reebok Kamikaze II, Sepatu Basket Era 90-an yang Lahir Kembali

"Saya sudah memiliki semua iklan. Saya telah melakukan segalanya di kepala saya tentang bagaimana saya ingin pergi. Jadi, ketika saya pergi ke Reebok, mereka mengatakan mereka akan melakukannya," tambah dia.

Shaq juga menjelaskan kejadian lucu saat dia datang ke pertemuan di kantor Nike dengan mengenakan outfit dari Reebok.

"Kami berjanji pada Nike untuk mendengarkan mereka. Jadi, saya pakai jaket Reebok ke tempat Nike. Tapi, saya kembali dan malah menandatangani kontrak dengan Reebok," ujarnya.

Signature shoe pertama mantan bintang Lakers Shaquille O'Neal dengan Reebok, yakni "Shaq Attaq" pun kemudian keluar pada tahun 1992.

Reebok meluncurkan sepatu itu setiap tahun. Namun, pada tahun 1998, kerja sama Shaq dengan Reebok harus terakhir.

Setelah itu, Shaq memulai bisnis lini sepatunya sendiri. Diketahui, Shaq dan Walmart menandatangani kesepakatan untuk memulai lini mereka sendiri yang lebih murah.

Baca juga: Bakar Kalori dengan Bermain Basket, Apakah Efektif?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com