Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/10/2021, 15:33 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memiliki kendaraan yang ringkas dan fleksibel merupakan keinginan banyak orang, terutama bagi mereka yang banyak menghabiskan waktu di luar rumah.

Selain membuat mobilitas menjadi cepat dan mudah, kendaraan yang ringkas dan fleksibel juga memungkinkan pengendaranya untuk memangkas waktu dan jarak selama bepergian.

Kalau kamu adalah salah satu orang yang menginginkan kendaraan seperti di atas, sepertinya inovasi yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan.

Baru-baru ini, ICOMA yang merupakan produsen sepeda asal Jepang meluncurkan sepeda motor listrik yang dapat dilipat dengan nama "Tatamel Bike".

ICOMA mengklaim sepeda motor lipat buatannya dapat dilipat menjadi ukuran kecil sesuai dengan ruang penyimpanan yang tersedia di kereta maupun transportasi umum lain

Dari spesifikasi yang dipublikasikan ICOMA, Tatamel Bike saat dibuka dalam ukuran penuh memiliki panjang 1,23 meter, tinggi 1 meter, dan lebar 0,65 meter.

Sedangkan, saat posisi terlipat, sepeda motor tersebut memiliki panjang 0,7 meter, tinggi 0,68 meter, dan lebar 0,26 meter. Tentu dengan ukuran sekecil ini, Tatamel Bike dapat dijinjing dengan mudah.

Untuk pengoperasiannya, Tatamel Bike dapat diposisikan dalam ukuran penuh secara gampang dan cepat. Bahkan, hanya membutuhkan tiga langkah agar sepeda motor lipat ini langsung bisa dikendarai.

Pertama, pengendara cukup menarik bagian jok motor yang berada di sisi atas ke bagian belakang. Kemudian, untuk bagian stang yang terdapat pedal gas, spion, dan speedometer juga ditarik ke bagian atas.

Dan, untuk langkah terakhir, pengendara tinggal menarik bagian body motor sedikit ke atas untuk mengeluarkan swing arm motor dan roda belakang agar bisa dikendarai.

Pada sisi kanan dan kiri, Tatamel Bike juga diberi aksen papan kayu berbentuk persegi panjang. ICOMA mengatakan, warna dari papan kayu ini dapat disesuaikan dengan keinginan pembeli.

ICOMA menambahkan, walau bentuk Tatamel Bike sangat ringkas, sepeda motor lipat ini dapat dipacu hingga kecepatan 40 km/ jam.

"Sepeda ini menggunakan baterai lithium besi fosfat atau baterai LFP. Dengan portable power supply, sepeda ini mampu melaju sejauh kira-kira 50 km dengan sekali pengisian daya," tulis ICOMA dalam keterangan resminya.

Meski sudah menayangkan bentuk asli dan spesifikasi yang dimiliki Tatamel Bike, ICOMA mengaku hingga saat ini pihaknya baru akan menyiapkan sepeda lipat buatannya agar bisa diproduksi massal.

"Dan belum ada tanggal rilis atau informasi harga," kata pihak ICOMA.

Bagaimana? Apakah dengan bentuk Tatamel Bike yang ringkas, kamu tertarik untuk membelinya?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com