Kompas.com - 26/10/2021, 06:34 WIB
Gaya hidup yang memerhatikan keberlanjutan tak hanya terkait upaya melindungi lingkungan dan ekosistem untuk masa depan, tetapi juga dapat bermanfaat bagi bisnis dan kehidupan sehari-hari. PEXELS/Akil Mazumder Gaya hidup yang memerhatikan keberlanjutan tak hanya terkait upaya melindungi lingkungan dan ekosistem untuk masa depan, tetapi juga dapat bermanfaat bagi bisnis dan kehidupan sehari-hari.

KOMPAS.com - Semakin meningkatnya isu perubahan iklim dan pemanasan global pada tahun 2021, memicu orang-orang untuk semakin peduli terhadap pentingnya aspek keberlanjutan (sustainability).

Sebab, keberlanjutan tak hanya terkait upaya melindungi lingkungan dan ekosistem untuk masa depan, tetapi juga dapat bermanfaat bagi bisnis dan kehidupan sehari-hari.

Nah, belakangan ini, gaya hidup dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keberlanjutan juga sangat diminati, hingga menjadi sebuah tren dalam kehidupan.

Baca juga: Blue Beauty, Gerakan Kecantikan untuk Keberlanjutan Lingkungan Laut

Berikut ini adalah 10 tren terkait berkelanjutan yang terjadi di tahun 2021.

1. Energi terbarukan

Bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak, dan gas bertanggung jawab untuk memberi dunia sekitar 80 persen dari konsumsi energinya.

Hal ini membuat bahan bakar fosil memiliki dampak terbesar terhadap lingkungan dan krisis iklim.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh sebab itu, energi terbarukan seperti panel surya, turbin angin, dan energi pasang surut mulai banyak dicari untuk dapat menggantikan sumber-sumber energi dari bahan bakar fosil yang tidak berkelanjutan.

Panel surya adalah salah satu jenis energi terbarukan yang paling populer karena ditenagai oleh sinar matahari dan dapat ditempatkan di lokasi mana pun, paling sering di panel atap.

2. Udara bersih

Sekarang udara bersih lebih menjadi prioritas daripada sebelumnya.

Dengan meningkatnya pemanasan global, planet ini menjadi semakin tercemar akibat industri dan penggunaan bahan bakar fosil.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.