Kompas.com - 26/10/2021, 11:58 WIB
Ilustrasi anak Ilustrasi anak
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Setiap anak mempunyai bakat dan keunikan. Namun, beberapa anak tampak lebih cerdas dibandingkan anak usia sebayanya.

Tidak sulit mengetahui seberapa cerdas seorang anak. Studi terbaru menyatakan, kita bisa melihat kecerdasan anak dari kemampuan mereka dalam melontarkan cerita lucu atau humor.

Seperti dilaporkan EurekAlert!, para peneliti di Anadolu University di Turki menemukan kaitan antara anak cerdas dan humoris.

Menurut peneliti, anak sekolah dengan tingkat keterampilan penalaran verbal dan pengetahuan umum tinggi adalah anak yang berkemungkinan besar untuk menjadi humoris.

Tidak semua orang mempunyai bakat atau kemampuan bawaan untuk menyajikan pengetahuan umum dalam format yang dianggap lucu oleh orang lain.

Makanya, mereka yang bisa menyajikan pengetahuan dengan cara seperti itu dinilai mempunyai faktor kecerdasan yang lebih besar daripada kebanyakan orang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Setiap Anak Itu Unik, Ketahui Berbagai Jenis Kecerdasan Anak

Ada beberapa studi terdahulu yang menjelaskan kecerdasan orang dewasa yang menceritakan lelucon kepada teman sebayanya.

Akan tetapi studi terbaru yang dimuat dalam jurnal Humor mengungkap hanya sedikit studi yang membahas bahwa anak mampu menceritakan lelucon sama seperti orang dewasa.

Peneliti menemukan, anak yang menggunakan humor untuk berinteraksi dengan orang lain mempunyai tingkat kecerdasan lebih tinggi dibandingkan anak yang jarang menceritakan lelucon atau humor apa pun.

Sebagaimana dilaporkan Lifehack, beberapa studi terdahulu mengungkap, orang yang bisa menyatukan dua gagasan yang berbeda dan menciptakan humor adalah orang yang cerdas.

Halaman:


Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.