Kompas.com - 27/10/2021, 07:47 WIB
Putri Mako membungkuk saat meninggalkan rumahnya di Istana Akasaka, Tokyo, Selasa (26/10/2021). Putri Mako menikah dengan teman kuliahnya, Kei Komuro, hari itu dan meninggalkan Kekaisaran Jepang. Di belakang dari kiri ke kanan, adalah orangtua Putri Mako yakni Putra Mahkota Akishino, Putri Mahkota Kiko, dan saudara perempuan Mako, Putri Kako. KYODO NEWS/KOKI SENGOKU via APPutri Mako membungkuk saat meninggalkan rumahnya di Istana Akasaka, Tokyo, Selasa (26/10/2021). Putri Mako menikah dengan teman kuliahnya, Kei Komuro, hari itu dan meninggalkan Kekaisaran Jepang. Di belakang dari kiri ke kanan, adalah orangtua Putri Mako yakni Putra Mahkota Akishino, Putri Mahkota Kiko, dan saudara perempuan Mako, Putri Kako.

KOMPAS.com  - Putri Mako, keponakan Kaisar Naruhito, pimpinan monarki Jepang, secara resmi menikahi kekasihnya yang berasal dari kalangan biasa, Kei Komuro.

Pernikahan keduanya sekaligus menandai momen wanita berusia 30 tahun itu melepas status bangsawannya.

Acara pernikahan dilakukan secara pribadi tanpa kemeriahan apa pun yang umumnya dijalani anggota kerajaan.

Baca juga: Kisah Pengorbanan Putri Mako dari Jepang demi Menikahi Kekasihnya

Dikutip dari CNN, pasangan tersebut menyerahkan pendaftaran pernikahannya di kantor lingkungan setempat pada Selasa (26/10/2021) sekitar pukul 10.00 waktu setempat.

Pernikahan ini sekaligus membungkam ketidaksetujuan publik dan kontroversi atas hubungan sejoli yang bertemu di bangku universitas ini.

Sore hari setelah pernikahan, Putri Mako dan Kei Komuro menghadiri jumpa pers untuk pertama kalinya sebagai suami istri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengantin baru itu meminta maaf atas kegaduhan yang disebabkan oleh pernikahan mereka dan berterima kasih untuk dukungan yang telah diterima.

"Bagi saya, Kei adalah keberadaan yang sangat penting, sangat diperlukan," kata Putri Mako, yang mengenakan gaun pastel dan mutiara.

"Hingga hari ini, hanya ada sedikit kesempatan bagi saya untuk mengungkapkan perasaan saya, dan ada beberapa kesalahpahaman karena itu," kata dia.

Menurut dia, benar-benar ada spekulasi sepihak soal kabar yang beredar selama ini. Ia mengaku merasa takut dengan kabar yang tersebar sekaligus merasa sedih karenanya.

Halaman:


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.