Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/10/2021, 07:47 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com  - Putri Mako, keponakan Kaisar Naruhito, pimpinan monarki Jepang, secara resmi menikahi kekasihnya yang berasal dari kalangan biasa, Kei Komuro.

Pernikahan keduanya sekaligus menandai momen wanita berusia 30 tahun itu melepas status bangsawannya.

Acara pernikahan dilakukan secara pribadi tanpa kemeriahan apa pun yang umumnya dijalani anggota kerajaan.

Baca juga: Kisah Pengorbanan Putri Mako dari Jepang demi Menikahi Kekasihnya

Dikutip dari CNN, pasangan tersebut menyerahkan pendaftaran pernikahannya di kantor lingkungan setempat pada Selasa (26/10/2021) sekitar pukul 10.00 waktu setempat.

Pernikahan ini sekaligus membungkam ketidaksetujuan publik dan kontroversi atas hubungan sejoli yang bertemu di bangku universitas ini.

Sore hari setelah pernikahan, Putri Mako dan Kei Komuro menghadiri jumpa pers untuk pertama kalinya sebagai suami istri.

Pengantin baru itu meminta maaf atas kegaduhan yang disebabkan oleh pernikahan mereka dan berterima kasih untuk dukungan yang telah diterima.

"Bagi saya, Kei adalah keberadaan yang sangat penting, sangat diperlukan," kata Putri Mako, yang mengenakan gaun pastel dan mutiara.

"Hingga hari ini, hanya ada sedikit kesempatan bagi saya untuk mengungkapkan perasaan saya, dan ada beberapa kesalahpahaman karena itu," kata dia.

Menurut dia, benar-benar ada spekulasi sepihak soal kabar yang beredar selama ini. Ia mengaku merasa takut dengan kabar yang tersebar sekaligus merasa sedih karenanya.

Sementara itu, Kei Komuro, yang memiliki latar belakang pendidikan hukum, mengatakan, "informasi yang salah" tersebar dalam empat tahun terakhir seolah-olah itu benar.

Namun, dia berterima kasih kepada orang-orang yang telah membantu mereka selama masa-masa sulit.

"Saya mencintai Mako. Ini adalah hidup yang hanya dijalani sekali, dan saya ingin menghabiskan hidup saya dengan orang yang saya cintai dalam kebahagiaan," kata dia.

Ia mengaku berencana membangun keluarga yang hangat dan menyenangkan. Pada saat yang sama, ia ingin melakukan yang terbaik untuk mendukung istrinya.

"Saat-saat bahagia, saat-saat tidak bahagia, kami ingin bersama, dan kami akan sangat diperlukan, satu sama lain." ujar dia lagi.

Halaman:
Sumber CNN


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com