Kompas.com - 27/10/2021, 20:35 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Rambut keriting cenderung membutuhkan perawatan ekstra untuk menjaga kesehatan dan kelembabannya.

Pemilik rambut keriting rentan mengalami sejumlah masalah termasuk kusam, kering dan mengembang. Untuk menjaga kondisinya, kita perlu memperhatikan metode perawatannya termasuk produk yang digunakan.

Rambut keriting sangat halus, dengan berbagai tikungan batang rambut yang mewakili bagian paling rapuh dari untaian.

Umumnya, rambut juga lebih mudah kering jika memiliki rambut keriting. Sebabnya, minyak alami tubuh kesulitan memenuhi kebutuhan seluruh batang rambut termasuk berbagai lekukannya secara merata. 

Produk yang berfungsi menjaga kelembabannya rambut adalah salah satu pilihan terbaik. Selain sampo dan pelembab, kita juga bisa menggunakan essential oil untuk merawat rambut keriting.

Baca juga: Jadi Susah Diatur, Ini Sederet Penyebab Rambut Kering

Essential oil untuk merawat rambut keriting

Essential oil sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit kepala yang merupakan kunci untuk merawat rambut keriting. Minyak alami dapat secara ampuh meningkatkan kelembaban kulit kepala sehingga berdampak besar pada kondisi batang rambut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada dua essential oil terbaik yang bisa digunakan untuk perawatan rambut keriting.

Rosemary oil

Rosemary oil sangat cocok digunakan untuk perawatan rambut keriting karena manfaatnya yang sangat banyak. Jenis minyak ini mampu menenangkan kulit kepala, mencegah gejala ketombe, memperkuat sirkulasi darah dan mencegah rambut rontok. 

"Minyak ini adalah stimulan kuat untuk pertumbuhan rambut dengan sifat antioksidan dan antimikroba," kata Dr. Kari Williams, Ph.D., dermatologi dari Universitas Pittsburgh, AS.

Campurkan beberapa tetes rosemary oil dengan sampo atau kondisioner yang digunakan saat keramas. Pijatkan ke kulit rambut selama setidaknya lima menit dan bilas sampai benar-benar bersih.

Baca juga: Beragam Cara Memakai Essential Oil

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Birdie.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.